Gempa Menerjang Pulau Ischia di Italia Telan Korban Jiwa

Gempa Menerjang Pulau Ischia di Italia Telan Korban Jiwa

Gempa hantam Pulau Ischia di Italia yang berada lepas Pantai Napoli, Senin malam waktu setempat. (foto - AFP)

Roma - Wilayah Pulau Ischia yang berada di lepas Pantai Napoli Italia dihantam gempa berkekuatan 4,0 pada skala Richter (SR), Senin malam waktu setempat. Gempa di pulau yang tengah dipenuhi wisatawan itu, menewaskan satu orang sekitar 25 orang lainnya terluka terkena bangunan roboh.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (22/8/2017) warga dan wisatawan di pulau itu anik berlarian ke jalan-jalan dari rumah dan hotel. Gambar televisi menunjukkan, sekitar enam bangunan di Kota Casamicciola serta gereja runtuh dalam kejadian tersebut.

Berdasarkan keterangan Institut Nasional Ilmu Geofisika dan Vulkanologi Italia (INGV) menempatkan kekuatan gempa di 4,0 pada skala Richter. Namun Survei Geologi AS (USGS) dan badan gempa Eropa, EMSC memperkirakan besarannya gempa di angka 4,3 SR.

Menurut Pejabat Departemen Perlindungan Sipil Lokal, Giovanni Vittozzi, seorang wanita tewas akibat terkena batu bata dari sebuah gereja yang runtuh. Petugas saat ini tengah memeriksa laporan tentang adanya korban yang lainnya. Helikopter dan kapal feri membawa lebih banyak pekerja penyelamat dari daratan.

Salah seorang dokter dari sebuah rumah sakit setempat, Roberto Allocca mengatakan kepada televisi Sky TG24, sekitar 25 orang telah dirawat karena mengalami luka. Sebagian besar pasien rumah sakit telah dievakuasi dan yang terluka dirawat di luar.

Beberapa regu perlindungan sipil sudah ada di pulau itu karena adanya sejumlah api. Laporan televisi mengatakan, bangunan yang roboh tampaknya bangunan berpenghuni dan sekitar 10 orang masih belum ditemukan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,