Bandung Siap Gelar 'Karnaval Pesona Parahyangan' Sabtu

Bandung Siap Gelar 'Karnaval Pesona Parahyangan' Sabtu

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan, Sabtu 26 Agustus mulai pukul 14.00 - 17.00 WIB. (foto - Instagram)

Bandung - Rangkaian penutupan perayaan HUT RI Ke-72 di Kota Bandung digelar, Sabtu 26 Agustus 2017. Namun karena alasan teknis, Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan yang sebelumnya dijadwalkan mulai dari pagi hari, diundur dan dimulai pukul 14.00 - 17.00 WIB.

Demikian disampaikan langsung oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil lewat akun instagramnya resminya @ridwankamil. "Warga Banduuuung, Mohon maaf, karena isu teknis Karnaval Kemerdekaan Sabtu 26 Agustus 2017, yang tadinya dimulai pagi sampai selesai diundur menjadi pukul 14.00 sampai dengan 17.00. Haturnuhun," tulis Emil, Kamis (24/8/2017).

Karnaval yang mengusung tema Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama itu, akan menampilkan sejumlah komunitas dalam memeriahkan acara. Emil pun mengaku, persiapan teknis kegiatan karnaval itu telah dikebut. Ia optimis bisa menghadirkan kemeriahan pada acara tahunan itu.

"Per hari ini semua sudah bergerak mempersiapkan, sehingga kegiatan festival tersebut bisa berlangsung dengan ramai dan nyaman," katanya. Seluruh persiapan dilakukan untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Negara. Dipastikan, ribuan warga Bandung dan Jawa Barat akan memadati Bandung.

Presiden Jokowi sendiri dijadwalkan akan turut berada di tengah masyarakat untuk mengikuti karnaval. Panitia telah menyiapkan kendaraan hias istimewa untuk presiden, yang dirancang oleh lima seniman kenamaan Bandung.

"Ada 40 delegasi yang akan tampil. Termasuk Presiden akan mengendarai kendaraan khusus, yang didesain oleh seniman Bandung sebagai pembuka dari karnaval," tegas Emil.

Adapun rute karnaval akan dimulai dari Gedung Sate melalui Jalan Diponegoro, berbelok ke Jalan Ir. H. Juanda, Jalan Merdeka, Jalan Braga, Jalan Lembong, Jalan Tamblong, Jalan Asia Afrika. Iring-iringan karnaval akan berakhir di Taman Alun-alun Kota Bandung. "Pak Presiden berhenti di Taman Vanda, nanti di taman itu akan dipermak menjadi panggung," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, konsep acara akan dikemas semeriah peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di Kota Bandung tahun 2015.

Ribuan peserta diperkirakan meramaikan karnawal itu, dengan urutan dimulai dari drumband Canka Panorama Secapa TNI-AD, Kuda Kavaleri TNI AD, kendaraan media (bandros), kendaraan Presiden RI, Anoa, kendaraan para menteri dan kendaraan antik Presiden RI pertama, Soekarno.

Makna tema Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama, menurut Kenny adalah mewujudkan masa-masa kemerdekaan dengan menumbuhkan rasa toleransi beragam budaya. Kemudian diaplikasikan ke dalam konsep kolaborasi antar-komunitas. (Jr.)**

.

Categories:Hiburan,
Tags:,