Ledakan Tabung Gas 12 Kg Menewaskan Bayi di Parongpong

Ledakan Tabung Gas 12 Kg Menewaskan Bayi di Parongpong

Sejumlah rumah di Kampung Parongpong Desa Karyawangi Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat hancur akibat ledakan tabung gas 12 kg, Sabtu 26 Agustus 2017. (foto - ist)

Bandung - Seorang bayi meninggal dunia dan sejumlah rumah hancur akibat ledakan tabung gas 12 kg, di Kampung Parongpong Desa Karyawangi Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (26/8/2017).

Bayi meninggal itu bernama Sekalla Khalifa Atalaila yang baru berusia 7 bulan 17 hari, setelah tertimpa reruntuhan kusen rumah. Berdasarkan keterangan salah seorang warga Agus Purwanto (37), sumber ledakan berasal dari dapur rumah milik ibu Endang (42).

Namun, dahsyatnya ledakan tabung gas 12 kg tersebut mampu menghancurkan rumah yang berada di sekitarnya. "Korban meninggal dan mengalami luka parah yang berada di rumah lain. Begitu kerasnya ledakan, rumah-rumah hancur menimpa bayi," katanya.

Agus yang rumahnya ikut rusak parah akibat ledakan itu menyatakan, ledakan tersebut terjadi sekitar pukul 06.15 WIB. Saat itu ia dan anggota keluarganya berada di dalam rumah. Bunyi ledakan dan getaran hebat terasa sangat kecang seperti gempa.

"Bunyinya seperti bom. Dikira ada gempa, soalnya rumah saya bergetar hingga dua kali. Karena takut saya dan anak istri langsung berlarian keluar rumah," katanya. Ketika keluar ia pun kaget karena bangunan yang berada di samping depan rumahnya hancur tak tersisa. Bahkan, terdengar suara tangis dan permintaan tolong dari penghuni rumah.

"Saya dan warga lainnya langsung lari membawa korban yang tertimpa reruntuhan, termasuk bayi yang tertimpa kusen kayu," katanya. Bayi malang itu tengah berada di rumah sang nenek, ibu Enoh (62) yang dititipkan kedua orangtuanya saat pergi bekerja.

Selain ibu Enoh dan sang bayi, di rumah itu juga terdapat penghuni lain, yakni Ratih (35) mengalami luka parah karena tertimpa tembok. Sementara Tomi (37) suami Ratih dan anaknya Kekey (7) hanya mengalami luka ringan. Semua korban luka, baik parah maupun ringan dibawa ke Klinik Advent Parongpong.

"Berdasarkan keterangan dari pemilik rumah, pagi-pagi sudah tercium bau gas bocor di dapurnya. Ketika menyalakan water heater, tabung gas tiba-tiba langsung meledak," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,