Badai Harvey Menerjang Wilayah Texas Tewaskan 3 Orang

Badai Harvey Menerjang Wilayah Texas Tewaskan 3 Orang

Houston jadi kota hantu di malam hari selepas Badai Harvey menerjang sejumlah wilayah Texas. (foto - New York Times)

Rockport - Sejauh ini tiga orang dilaporkan tewas dan ratusan lainnya hidup tanpa listrik, pasca-Badai Harvey memporak-porandakan wilayah Texas Amerika Serikat (AS).

Seperti dilansir Russia Today, Minggu (27/8/2017) National Hurricane Center menurunkan status Badai Harvey dari kategori 4 menjadi kategori 1 (standar hitungan Saffir Simpson) pada Sabtu, dan saat ini telah kembali diturunkan menjadi badai tropis.

Namun, ahli meteorologi menegaskan meski status badai itu diturunkan, kerusakan parah masih dapat disebabkan oleh banjir dan hujan deras yang diperkirakan masih akan turun dalam beberapa hari ke depan. Walikota Houston, Sylvester Turner meminta warganya agar bersiap menghadapi banjir serta hujan deras.

Sementara Los Angeles Times mewartakan, Badai Harvey menyebabkan tiga orang kehilangan nyawanya di Aransa County. Jumlah korban diduga dapat bertambah, mengingat tim penyelamat masih terus mencari orang-orang yang disinyalir tertimpa puing bangunan.

Badai Harvey menghantam Texas pada Jumat malam dengan hujan deras dan angin berkecepatan 215 kilometer per jam. Badai itu disebut sebagai salah satu badai terparah yang menghantam Negeri Paman Salam, dalam 10 tahun terakhir.

Gubernur Texas, Greg Abbot menyatakan, kekhawatiran utamanya saat ini adalah banjir besar yang diperkirakan dapat muncul akibat hujan deras. Puluhan ribu orang pun sudah meninggalkan rumah mereka demi menghindari badai yang memicu pemadaman listrik di sejumlah wilayah Texas.

Para netizen setempat menggunakan media sosial untuk memperlihatkan dampak badai Harvey. Kekhawatiran warga juga dipicu dengan kemunculan hewan liar yang keluar dari sarangnya karena Badai Harvey. Departemen Taman dan Margasatwa Tewas mengeluarkan peringatan, aligator dapat bergerak ke dekat pemukiman warga demi menghindari banjir.

"Aligator yang muncul di rumah Anda saat banjir dan hujan deras tidak keluar untuk mencari makanan atau mencoba bersikap agresif, mereka berusaha menghadapi cuaca seperti kita semua. Jika cuaca buruk, tolong biarkan saja karena mereka akan pergi setelah air mulai surut,” tulis Aligator Nuisance Control Hunters lewat Facebook. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,