Ledakan di Bank Kabul Dekat Kedubes AS Tewaskan 4 Orang

Ledakan di Bank Kabul Dekat Kedubes AS Tewaskan 4 Orang

Bom bunuh diri meledak di bank dekat Kedutaan AS di ibukota Afghanistan, Selasa 29 Agustus 2017 waktu setempat. (foto - Reuters)

Kabul - Sedikitnya empat orang tewas dan sejumlah orang lainnya mengalami luka, setelah seorang pelaku meledakkan bom bunuh diri di sebuah bank dekat Kedutaan AS di Kabul ibukota Afghanistan, Selasa (29/8/2017) waktu setempat.

Pelaku tersebut masuk ke dalam kantor cabang Kabul Bank, yang terletak dekat dengan pusat kegiatan diplomatik utama. Demikian disampaikan juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Najib Danish.

Sejauh ini, belum jelas berapa jumlah korban akibat ledakan, yang terjadi saat bank itu sibuk melayani penarikan uang nasabah menjelang liburan Idul Adha akhir pekan ini. Menurut Danish, setidaknya empat orang tewas dan tiga orang lainnya terluka.

Sementara kementerian kesehatan masyarakat dalam pernyataan terpisah mengatakan, seorang korban tewas dan delapan korban luka dilarikan ke rumah sakit kota itu. Belum ada yang mengaku bertanggung jawab secara langsung atas peristiwa itu.

Seorang juru bicara dari Taliban menyebutkan, kelompok yang ingin mengembalikan pemerintahan Afghanistan dijalankan berdasarkan penerapan hukum Islam garis keras, setelah pengusiran mereka pada 2001 oleh pasukan gabungan pimpinan AS. Ia mengatakan, dirinya sedang memeriksa laporan.

Peristiwa itu merupakan yang terkini dalam serangkaian serangan bunuh diri yang panjang di Kabul, menyoroti kurangnya keamanan di ibu kota Afghanistan. Berdasarkan dara dari Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebutkan, pada paruh pertama tahun ini, sudah 209 warga sipil tewas dan 777 terluka.

Sementara itu, Pemerintahan Presiden Ashraf Ghani mulai mengetatkan keamanan di sekitar pusat kota, utamanya di tempat-tempat serangan mematikan banyak terjadi. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,