Timnas U-22 Akhirnya Sumbang Perunggu di SEA Games 2017

Timnas U-22 Akhirnya Sumbang Perunggu di SEA Games 2017

Timnas U-22 raih medali perunggu usai membantai Myanmar 3-1 di SEA Games 2017 Malaysia. (foto - ist)

Kuala Lumpur - Timnas U-22 akhirnya berhasil merebut medali perunggu di cabang sepakbola pada SEA Games 2017, setelah membantai Myanmar 3-1. Laga perebutan tempat ketiga itu berlangsung di Stadion Majlis Perbandaran Selayang Selangor Malaysia, Selasa (29/8/2017).

Pada laga ini Timnas menurunkan striker Marinus Wanewar sebagai ujung tombak serangan. Pelatih Timnas Luis Milla menurunkan formasi 4-2-3-1, dan menempatkan striker Marinus Wanewar sebagai ujung tombak serangan. Sedangkan Osvaldo Haay, David Septian dan Febri Haryadi mengisi posisi sebagai gelandang serang. 

Evan Dimas dan Muhammad Hargianto mendapat tugas sebagai gelandang bertahan. Meski memperebutkan tempat ketiga, kedua tim tampil maksimal. Peluang emas Indonesia tercipta menit 19. Sayang tendangan keras Septian David, masih bisa ditahan penjaga gawang Myanmar.

Petaka bagi Timnas hadir pada menit 22. Skema serangan yang dibangun Myanmar berhasil menjebol gawang Timnas, yang dijaga Satria Tama. Hingga babak pertama usai skor tetap 0-1 untuk keunggulan Myanmar.

Memasuki babak kedua, Timnas U-22 menaikkan tempo permainan untuk mengejar ketinggalan. Usaha yang dilancarkan tim asuhan Luis Milla itu akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-57, lewat gol Evan Dimas.

Umpan lambung Febri Hariyadi ke kotak penalti Myanmar mengenai kaki lawan. Bola pantulan mengarah ke Evan Dimas yang sempat melewati satu pemain Myanmar, sebelum melepaskan tembakan dengan kaki kiri dari luar kotak penalti.

Bola pun berubah arah setelah mengenai kaki bek Myanmar, sehingga tercipta gol untuk membuat skor menjadi 1-1. Timnas U-22 tidak membutuhkan waktu lama untuk berbalik unggul. Mereka hanya membutuhkan waktu dua menit untuk kembali menjebol gawang Myanmar.

Kali ini Septian David Maulana yang mencetak gol, setelah melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Menit ke-77, Timnas U-22 menjauh karena mencetak gol ketiga. Giliran Rezaldi Hehanusa yang mencetak gol indah dengan kaki kiri, juga dari luar kotak penalti.

Pemain bernomor punggung 28 itu melesakkan bola ke pojok kanan atas gawang Myanmar. Lepas dari itu, Myanmar harus bermain dengan 10 pemain menit ke-90. Nan Wai Min mendapatkan kartu kuning kedua, setelah melanggar Ezra Walian. Laga berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Indonesia. (Jr.)**

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,