Bangkai Ikan Paus Terdampar Gegerkan Warga Jembrana

Bangkai Ikan Paus Terdampar Gegerkan Warga Jembrana

Penemuan bangkai ikan paus berukuran panjang 12 meter dan lebar 6 meter yang terdampar di Pantai Yeh Kuning menggegerkan warga Jembrana Bali, Rabu 30 Agustus 2017. (foto - ist)

Jembrana - Penemuan bangkai ikan paus berukuran panjang 12 meter dan lebar 6 meter yang terdampar, menggegerkan warga Pantai Yeh Kuning Jembrana Bali, Rabu (30/8/2017) sore sekitar pukul 15.00 Wita.

Paus tersebut ditemukan oleh salah seorang nelayan dalam keadaan sudah mati, yang mengambang di perairan di pantai tersebut. Paus itu juga sempat membuat para nelayan ketakutan, karena hanya terlihat bulu-bulunya.

Berdasarkan keterangan sejumlah nelayan yang menemukan paus tersbeut menyatakan, semua warga tidak berani untuk mendekati paus itu lantaran merasa takut. "Mereka pada pergi semua. Tidak ada yang menarik benda itu. Akhirnya paus itu terdampar dengan sendirinya di pinggir pantai," katanya.

Sementara itu, Kapolres Jembrana AKBP Priyanto Priyo Hutomo membenarkan mengenai adanya bangkai paus yang terdampar tersebut. Menurutnya, bangkai ikan paus tersebut akan dikubur pada Kamis 31 Agustus 2017, di sekitar lokasi terdampar dengan menggunakan alat berat.

Ia mengatakan, di wilayah pantai tersebut hewan laut dengan ukuran besar seringkali terdampar. "Menurut keterangan warga sekitar, memang sering ada hewan laut yang terdampar dalam keadaan hidup ataupun mati," tegas Priyanto.

Disebutkan, mengenai jenis ikan paus tersebut diduga Paus Sei. Sebagian warga kemudian mengabadikan bangkai mamalia laut itu dengan kamera ponsel mereka. "Sempat menjadi tontonan warga setempat. Sat Polair Polres Jembrana berkoordinasi dengan instansi terkait akan melakukan penguburan Kamis (31/8) nanti," ujar Priyanto.

Penguburan tersebut perlu  dilakukan karena bangkai paus tersebut mengeluarkan bau tidak sedap. Penguburan akan menggunakan alat berat dari BPBD Kabupaten Jembrana. "Baunya tidak sedap dan akan dikubur dengan menggunakan alat berat dari BPBD Jembrana," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,