Badai Irma Makin Dekat, Florida Siapkan Hal yang Terburuk

Badai Irma Makin Dekat, Florida Siapkan Hal yang Terburuk

Badai Irma aemakin dekat, Florida siapkan hal yang terburuk. (foto - AFP/Getty Images)

Karibia - Jadwal penerbangan di Kepulauan Karibia dan sejumlah wilayah lainnya mulai terganggu, menyusul bergeraknya Badai Irma menuju daratan Amerika Serikat (AS). Diketahui, Badai Irma bergerak ke AS selang beberapa hari, setelah Badai Harvey menghantam Texas.

Maskapai penerbangan terkemuka, antara lain British Airways dan Virgin Atlantic telah membatalkan sejumlah jadwal penerbangan, baik dari AS ke luar negeri atau pun sebaliknya. Salah satu jadwal penerbangan yang dibatalkan British Airways, yakni penerbangan ke Antigua dan Tobago.

Dilansir BBC, Rabu (6/9/2017) Bandara Antigua sendiri rencananya akan ditutup pada Rabu 6 September waktu setempat. Maskapai lain yang juga turut membatalkan jadwal penerbangan akibat Badai Irma, yakni American Airlines. Maskapai Negeri Paman Sam itu membatalkan jadwal penerbangan ke Pulau Sainy Kitts dan Saint Marteen.

"Keamanan penumpang dan kru pesawat selalu menjadi prioritas kami. Kami menyarankan para penumpang yang ingin melakukan perjalanan ke wilayah yang dilintasi Badai Irma dalam beberapa hari mendatang, agar melakukan pemesanan ulang," sebut perwakilan British Airways.

Selain mengganggu jadwal penerbangan, Otoritas Puerto Rico juga telah mengumumkan status darurat atas datangnya Badai Irma. Bandara San Juan di Puerto Rico dilaporkan telah membatalkan 85 jadwal penerbangan dan mematikan sekitar 40 persen pelayanan normal.

Badan Pusat Badai atau National Hurricane Center (NHC) AS menyatakan, Badai Irma memiliki potensi bencana. Kini tengah bergerak ke arah Florida di saat Negara Bagian Texas dan Louisiana itu belum sepenuhnya bangkit pasca-hantaman Badai Harvey.

Gubernur Florida, Rick Scott mengumumkan keadaan darurat di negara bagian jelang diterjang Badai Irma. Badai Irma terus berkembang pesat, sekarang menjadi badai kategori 4. Diperkirakan akan menghantam wilayah itu pada akhir pekan ini.

Kondisi darurat telah dikeluarkan untuk semua 67 wilayah di Florida. Scott mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan yang terburuk dan berharap untuk yang terbaik, karena Irma diperkirakan akan menerjang negara itu pada hari Jumat mendatang.

Sebelum menerjang wilayah Amerika Serikat, Badai Irma terlebih dulu melintasi beberapa wilayah lainnya. Antara lain Kepulauan Leeward, Puerto Rico, Republik Dominika, Haiti dan Bahama. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,