Dua Kapal Motor Terbakar di Pelabuhan Tanjung Tembaga

Dua Kapal Motor Terbakar di Pelabuhan Tanjung Tembaga

Dua kapal pencari ikan terbakar di Dermaga Pelabuhan Tanjung Tembaga Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. (foto - ist)

Probolinggo - Dua kapal motor pencari ikan terbakar di Dermaga Pelabuhan Tanjung Tembaga Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Kedua kapal tersebut ludes terbakar saat bersandar, di mana salah satunya melakukan perbaikan.

Kedua kapal tersebut, yakni Nagoya 2 milik A-Moy dan kapal Setia Indah milik A-Tiy, keduanya warga Tanjung Balai Kepulauan Riau. Hanya dalam hitungan menit, kobaran api melalap kedua kapal pencari ikan antar-pulau tersebut.

Tiupan angin yang kecang ditambah bahan bakar yang berada dalam dua kapal tersebut, membuat api semakin cepat menjalar ke seluruh badan kapal. Akibat kebakaran hebat itu, 7 mobil pemadam kebakaran dari Pemkot, Pemkab Probolinggo dan PT K-T-I diturunkan ke lokasi untuk memadamkan api.

Namun demikian, pemadaman butuh waktu yang lama karena terkendala angin dan kondisi kapal yang berisi bahan bakar. Berdasrkan keterangan anak buah kapal Nagoya 2, sebelum terbakar kapal itu siap berangkat. Sedangkan kapal Setia Indah yang berada di sebelahnya dalam proses perbaikan.

Diduga, terbakarnya dua kapal tersebut berasal dari mesin las yang ada di Kapal Setia Indah. Kapal Setia Indah memang sedang diperbaiki. Diduga api berasal dari percikan las yang menyambar ke bahan bakar, sehingga terjadi ledakan dan menimbulkan kebakaran.

"Kobaran api terus membesar dengan cepat karena di dalam dua kapal tersebut terdapat bahan bakar. Dalam kebakran tersebut diwarnai adanya ledakan beberapa kali, dan diduga penyebabnya dari percikan api saat pengelasan," katanya.

Akibat kebakaran tersebut, kerugian ditaksir mencapai belasan miliar rupiah. Sedangkan untuk kapal Setia Indah dalam kondisi baru, dan pengerjaan perbaikannya hamoir selesai. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,