Florida Lumpuh, Hantaman Badai Irma Tewaskan 10 Orang

Florida Lumpuh, Hantaman Badai Irma Tewaskan 10 Orang

Florida Amerika Serikat lumpuh setelah dihantam Badai Irma. (foto - ndtv)

Florida - Setelah sebelumnya meluluhlantakkan sejumlah wilayah di Karibia, Kuba dan Puero Rico, Badai Irma telah mendarat di Florida Amerika Serikat (AS). Laporan terakhir menyebutkan, amukan badai dahsyat itu telah menewaskan sedikitnya 10 orang di Florida.
 
Akibat hantaman badai Irma itu juga telah memaksa jutaan warga Florida saat ini tengah berkumpul di shelter yang telah disiapkan pemerintah. Menghadapi terpaan badai itu juga sebagian warga juga memilih untuk berdiam diri di dalam rumah mereka, sehingga situasi kota Florida nyaris lumpuh.
 
Berdasarkan informasi dari Kementerian Luar Negeri RI, Senin (11/9/2017) sejauh ini tidak ada laporan yang menyebutkan adanya warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dari Badai Irma. Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) telah menghubungi sejumlah WNI di sejumlah wilayah yang terkena dampak badai, dan telah mengonfirmasi keadaan mereka.
 
Tujuh WNI di Puerto Rico dan lima WNI di Pulau Virgin AS telah dihubungi oleh KJRI Houston, dan dilaporkan dalam keadaan selamat. Sementara tujuh WNI yang bekerja di Pulau Virgin Inggris juga selamat, meski tempat tinggal mereka mengalami kerusakan.
 
Mengenai Badai Irma yang melanda Florida dan Georgia,  KJRI Houston telah mengantisipasi dengan membangun kontak intensif dengan simpul-simpul WNI di Florida dan Georgia, sejak 5 September lalu. KJRI sudah membentuk grup di sosial media untuk memudahkan komunikasi, dan menunjuk pejabat yang bertugas (officer on duty) yang siaga selama 24 jam untuk mengantisipasi adanya WNI yang membutuhkan bantuan KJRI.
 
Berdasarkan data Kemlu RI, terdapat 3.144 WNI di Georgia dan 2.595 WNI di Florida. Jumlah itu termasuk puluhan WNI yang sedang magang di hotel-hotel di Miami. Gubernur Florida, Rick Scott telah membuka semua ruas jalan tol untuk memudahkan proses evakuasi, dan pemberian bantuan darurat kepada penduduk. Semua sekolah dan kantor manajemen di Florida ditutup sejak Senin 4 September.
 
Dilansir Reuters, sejauh ini Badai Irma telah menewaskan 10 orang sejak mendarat di AS pada Minggu 10 September. Seorang pria pengendara truk dilaporkan tewas setelah kendaraannya tersapu tiupan angin kencang di Monroe County. Sementara dua orang lainnya tewas dalam kecelakaan di Hardee County, sebelah utara Tampa.
 
Status darurat telah diumumkan untuk wilayah Florida, Georgia, Alabama, South Carolina, North Carolina dan Virginia, guna mengantisipasi datangnya badai kategori 5 itu. Sebelumnya dilaporkan, sekitar 5,6 juta orang telah keluar dari Florida, dalam upaya evakuasi besar-besaran menjelang hantaman Badai Irma. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,