Unpad Tertantang Siapkan Prodi Baru Terkait Media Sosial

Unpad Tertantang Siapkan Prodi Baru Terkait Media Sosial

Presiden Jokowi menghadiri acara sidang terbuka Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam rangka Dies Natalis ke-60 di Kampus Unpad Jalan Dipatiukur Bandung, Senin. (foto - @unpad)

Bandung - Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung telah mempersiapkan program studi (prodi) baru pada tahun akademik baru mendatang, khususnya yang berkaitan dengan media sosial.

Rektor Universitas Padjadjaran Tri Hanggono Achmad mengatakan, prodi baru tersebut akan berada pada Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Untuk realisasinya akan bekerjasama dengan fakultas lain, misalnya dengan Fakultas Hukum.

"Sebab biar bagaimanapun kita juga harus berbicara tentang bagaimana regulasinya nanti," sebut Tri yang dirilis lewat laman resmi Pemprov Jabar, Selasa (12/9/2017).

Menurut Tri, prodi baru tersebut disiapkan untuk menjawab tantangan yang semakin besar khususnya dalam bidang teknologi informasi. Dengan demikian, prodi yang akan segera dibuka adalah Ekonomi Digital dan prodi media sosial.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi dalam orasinya mengharapkan adanya fakultas-fakultas baru di kalangan perguruan tinggi, khususnya yang berhubungan dengan media sosial. Alasannya, hal itu untuk mengantisipasi penyebaran informasi secara liar di dunia maya.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi ketika memaparkan orasi ilmiahnya, pada peringatan Dies Natalis ke-60 Universitas Padjadjaran (Unpad) di Kampus Unpad Jalan Dipatiukur Bandung, Senin kemarin.

Sementara itu Menkominfo Rudiantara mengatakan, hal tersebut menjadi tantangan dari presiden khusus untuk Unpad. Utamanya agar keberadaan pengguna media sosial di Indonesia yang mencapai 144 juta, memiliki dampak positif bagi bangsa.

"Konteksnya ekonomi digital, saya sudah bicara dengan rektor dan dekan bahwa hal itu memang akan menjadi prodi baru di Unpad. Khususnya bidang e-commerse yang menjadi salah satu keinginan presiden," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,