Polda Jabar Sita Puluhan Moge Ber-STNK Bodong di Bandung

Polda Jabar Sita Puluhan Moge Ber-STNK Bodong di Bandung

Puluhan Moge ber-STNK bodong yang disita berjejer di halaman Mapolda Jabar. (foto - ist)

Bandung - Anggota Kepolisian Daerah Jawa Barat berhasil mengungkap kasus Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bodong. Puluhan sepeda motor gede (Moge) yang diketahui STNK-nya bodong pun disita, diparkir berjejer di halaman Mapolda Jabar.

Sejumlah unit mobil mewah yang STNK-nya bodong juga berhasil disita dan menjadi barang bukti hasil kejahatan. "Surat-surat kendaraan bermotor itu palsu, STNK yang asli dengan yang palsu mudah untuk dibedakan," kata Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, saat jumpa pers di Mapolda Jabar, Selasa (12/9/2017).

Disebutkan, sindikat tersebut terungkap pada 25 Agustus 2017 oleh Subdit I Direktorat Reserse Kriminal Umum yang dipimpin oleh AKBP Budi Satria Wiguna. Moge yang dijadikan barang bukti, rata-rata memiliki kapasitas mesin 500 cc hingga 1500 cc.

Untuk sementara ini, pihak Polda Jabar mengamankan tiga orang tersangka pelaku pemalsuan STNK. Secara keseluruhan terdapat ada 26 unit kendaraan bermotor yang diamankan pihak Polda Jabar. Menurut Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, pembuatan STNK palsu ini dimulai sejak tahun 2012.

Atas perbuatannya, para pelaku diancam Pasal 263 KUHP dengan ancaman hukuman maksimalnya enam tahun penjara. Untuk itu, pihak Polda Jabar akan terus melakukan pengembangan terkait kasus moge bodong dan STNK palsu tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,