Meluas, Kebakaran Ilalang di Kaldera Bromo Capai 76 Hektar

Meluas, Kebakaran Ilalang di Kaldera Bromo Capai 76 Hektar

Kebakaran area hutan yang melanda kaldera Gunung Bromo terus meluas. (foto - ist)

Probolinggo - Kebakaran yang melanda kaldera Gunung Bromo masih belum bisa dipadamkan. Bahkan padang ilalang yang terbakar terus meluas hingga mencapai 76 hektar.
 
"Sudah 76 hektar yang terbakar. Kawasan di sekitar bukit Teletubis sudah bisa dikendalikan, sedangkan yang lainnya belum," kata Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas BB TNBTS, Sarif Hidayat, Selasa (12/9/2017).
 
Petugas gabungan dari Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Polri, TNI serta masyarakat bekerja keras memadamkan api yang membakar semak belukar, ilalang di savana gunung tereksotik di Jawa Timur itu.

"Sampai saat ini, masih dalam upaya pemadaman oleh petugas gabungan, sehingga belum sepenuhnya padam," katanya. Upaya pemadaman sulit dilakukan karena beberapa hal. Antara lain cuaca, angin serta lokasi lahan yang terbakar di tebing memiliki kemiringan hampir 90 derajat.

"Lokasi tebing, angin serta cuaca menyulitkan upaya pemadaman. Namun demikian, petugas gabungan dengan alat yang dimiliki terus bekerja keras untuk memadamkan api," tegasnnya.

Sejauh ini, Syarif pun tidak dapat menyebut secara pasti area mana yang sudah bisa dikendalikan, serta berapa persen luas area yang terbakar sudah dipadamkan. Yang jelas, wilayah yang terbakar masuk Kabupaten Probolinggo, dengan jenis semak belukar dan rumput ilalang. 

Sementara itu, Kepala Resort Taman Laut Pasir Cemorolawang Subur mengaku, pihaknya masih bekerja keras untuk memadamkan api yang terys merembet memperluas wilayah yang terbakar. 

Seperti diketahui, wilayah kaldera Gunung Bromo berupa padang savana, rumput ilalang dan semak belukar terbakar. Petugas gabungan dari Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Polri, TNI dan masyarakat berjumlah 80 orang berjibaku memadamkan api. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,