Belasan Hektar Lahan Gunung Guntur Hangus Terbakar

Belasan Hektar Lahan Gunung Guntur Hangus Terbakar

Lahan hutan di Gunung Guntur Kabupaten Garut kembali terbakar. (foto - ist)

Garut - Sekitar 15 hektar lahan di Gunung Guntur Kabupaten Garut kembali terbakar. Adapun lokasi kebakaran tepatnya berada di Blok Tapel Kuda Pamulang. Kebakaran mulai terjadi pada siang hari, baru bisa dipadamkan pada sore hari, Minggu (17/9/2017).

"Kebakaran masih berada di sekitar lokasi kebakaran sebelumnya," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Garut Dadi Djakari.

Tim BPBD Kabupaten Garut, koramil dan masyarakat setempat secara bersama-sama berusaha untuk memadamkan kobaran api. Vegetasi hutan yang terbakar di antaranya, saliara, kirinyuh, alang-alang dan kaliandra.

Setelah api padam, tim melakukan penyisiran untuk dapat memastikan bahwa di area kebakaran tidak terdapat bara api yang tersisa. Tidak ada korban jiwa maupun pendaki yang terjebak dalam kebakaran hutan tersebut. 

Disebutkan, dalam beberapa bulan terakhir, kebakaran di Gunung Guntur memang sering terjadi. Balai Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah V Kabupaten Garut mencatat, sudah lebih dari lima kali kebakaran terjadi. 

Bulan lalu, kebakaran terjadi pada Jumat 11 Agustus 2017. Selanjutnya, selama September 2017 sudah lima kali kebakaran di Gunung Guntur. Pada setiap kejadian kebakaran sebelumnya, satu hingga lima hektar lahan hangus terbakar.

Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah V Kabupaten Garut, Gede Gelgel Darmaputra mengatakan, kebakaran di Gunung Guntur diduga tidak terjadi secara alamiah. Artinya, ada pihak yang diduga sengaja membuat kebakaran. 

Dugaan itu berdasarkan lokasi kebakaran yang selalu berada di area pertambangan pasir ilegal di kawasan Gunung Guntur. Namun demikian, hingga berkali-kali kebakaran terjadi, belum ada satu pun pelaku yang terungkap. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,