Sapuan Topan Talim Batalkan 644 Penerbangan di Jepang

Sapuan Topan Talim Batalkan 644 Penerbangan di Jepang

Sedikitnya 644 penerbangan domestik di Jepang telah dibatalkan akibat angin kencang yang dibawa Topan Talim. (foto - euronews)

Tokyo - Ratusan penerbangan domestik terpaksa dibatalkan, akibat angin topan dahsyat yang menerjang bagian selatan Jepang, Minggu pagi. Badan Meteorologi Jepang menyebutkan, Topan Talim yang tiba di Kyushu memiliki kecepatan angin hingga 162 km per jam.
 
Seperti dilaporkan Straits Times, Minggu (17/9/2017) sedikitnya 644 penerbangan domestik telah dibatalkan akibat angin kencang yang dibawa Topan Talim. Sementara semua layanan kereta regional pun dihentikan.
 
Pihak berwenang telah mengumumkan peringatan adanya hujan badai, ombak besar, kemungkinan terjadinya longsor dan banjir di seluruh bagian selatan Kepulauan Jepang. Badan meteorologi mengatakan, Topan Talim diperkirakan akan bergerak menuju ke utara, menurunkan hujan deras di area yang luas, termasuk di Ibukota Tokyo.
 
Sebelum tiba di Kyushu, topan tersebut telah lebih dahulu menghantam rangkaian pulau di wilayah Okinawa, mencurahkan hujan lebat selama 24 jam di Kota Miyako. Jepang seringkali diterjang badai dahsyat yang menimbulkan korban jiwa dan kerusakan di wilayah yang dilewatinya.
 
Pada September 2016, Topan Lionrock yang melewati Jepang menyebabkan setidaknya 22 orang tewas. Sementara pada bulan lalu, Topan Noru merenggut dua nyawa dan melukai 51 orang. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,