Bunga Bangkai Mekar di Kampar Diklaim yang Tertinggi di Dunia

Bunga Bangkai Mekar di Kampar Diklaim yang Tertinggi di Dunia

Bunga bangkai mekar di Kabupaten Kampar kepulauan Riau yang diklaim tertinggi di dunia. (foto - BBKSDA Riau)

Pekanbaru - Bunga bangkai (Amorphoghallus gigas) mekar di Kabupaten Kampar kepulauan Riau, yang diklaim tertinggi di dunia. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menemukan bunga bangkai itu, di Cagar Alam Bukit Bungkuk di Kabupaten Kampar.
 
Menurut Kepala Seksi Konservasi Wilayah III, BBKSDA Riau Bintang Hutajulu dalam siaran persnya, Minggu (17/9/2017) menyebutkan, di lokasi itu tumbuh tiga bunga bangkai, satu di antaranya setinggi 3,97 meter dan diklaim tertinggi di dunia.
 
Bintang menyatakan, bunga bangkai itu ditemukan di cagar alam Bukit Bungkuk di Kabupaten Kampar, tepatnya di pinggir Sungai Singalan Kiri pada 13 September 2017. "Bunga bangkai jenis ini adalah yang tertinggi di dunia, karena mempunyai batang yang menjulang," katanya.
 
Berdasarkan keternagan dari berbagai litelatur, bunga bangkai yang ditemukan kali ini salah satunya adalah bunga bangkai tertinggi di dunia dengan tinggi mencapai 3,97 meter. Sedangkan satu bunga bangkai lagi, memiliki tingi 3,3 meter, keduanya tumbuh saling berdekatan.
 
"Salah satu bunga tersebut sudah mekar pada Jumat (15/9) pagi, dan hanya mekar selama dua hari serta butuh waktu berpuluh tahun untuk muncul kembali. Sedangkan satu bunga lagi siap mekar," katanya.
 
Selain dua bunga di lokasi yang berdekatan, timnya juga menemukan satu bunga lainnya masih di kawasan Bukit Bungkuk. Bunga bangkai tersebut tumbuh di antara kebun karet dan beberapa rumpun bambu. Bunga itu setinggi 2 meter.
 
Tim BBKSDA di lokasi cagar alam itu tengah melakukan survei kondisi ekologi, dalam rangka penyusunan blok pengelolaan cagar alam Bukit Bungkuk. Sekadar diketahui, lokasi cagar alam Bukit Bungkuk berada di Kampar di bagian hulu waduk PLTA Koto Panjang.
 
Sementara rekor tertinggi sebelumnya, yakni Amorphophalus titanum yang mekar setinggi 3,725 meter di Kebun Raya Cibodas Cianjur pada tahun 2016. Amorphophallus gigas berbeda dengan Amorphophalus titanum. Kalau titanum bunganya besar dan batangnya pendek, kalau gigas bunganya kecil tapi batangnya panjang.
 
Atas penemuan bunga bangkai itu, tim BBKSDA Riau juga mengajak warga setempat untuk turun ke lokasi bersama. Warga diajak untuk menyaksikan bunga bangkai secara langsung, serta diikutsertakan dalam mengukur ketinggian bunga tersebut. (Jr.)**
.

Categories:Unik,
Tags:,