Diancam Bom British Airways Evakuasi Penumpang di Paris

Diancam Bom British Airways Evakuasi Penumpang di Paris

Diancam bom, seluruh penumpang pesawat British Airways tujuan London dievakuasi di Bandara Charles de Gaulle Paris Perancis. (foto - Twitter)

Paris - Seluruh penumpang British Airways, pesawat maskapai Inggris tujuan London dievakuasi di Bandara Charles de Gaulle Paris Perancis menyusul adanya ancaman bom. Namun, setelah diselidiki pesawat dinyatakan aman untuk terbang.

Sementara salah seorang wanita berumur sekitar 50 tahun ditahan karena mengklaim, pesawat yang mengangkut 130 penumpang itu akan meledak. Wanita tersebut telah ditolak masuk ke pesawat karena tidak memiliki tiket yang valid.

Dilansir kantor berita AFP, Senin (18/9/2017) pihak otoritas kemudian melepaskan wanita itu setelah psikiater menyatakan dia menderita gangguan penilaian. Tidak disebutkan identitas lengkap wanita itu. Sumber bandara mengatakan, ancaman bom diterima sekitar 10 menit sebelum penerbangan BA303 itu akan lepas landas.

Para penumpang pun langsung diturunkan dari pesawat. Para ahli penjinak bom dan sejumlah anjing pelacak kemudian melakukan pemeriksaan di dalam pesawat. Sedangkan para penumpang diharuskan untuk kembali melewati pemeriksaan keamanan.

James Anderson (20), penumpang lainnya menulis di akun Twitter-nya, semua penumpang diperiksa satu per satu oleh petugas bersenjata. Sementara polisi dan kendaraan pemadam kebakaran mengepung pesawat. Pihak operator Bandara Aeroports de Paris mengonfirmasi insiden tersebut.

"Ada sebuah insiden yang mendorong otoritas untuk memutuskan pesawat tetap berada di darat dan menurunkan para penumpang, beberapa menit sebelum lepas landas guna melakukan pemeriksaan tambahan," sebut juru bicara Aeroports de Paris.

Setelah dilakukan pemeriksaan, pesawat pun dinyatakan aman dan bisa lepas landas pada Minggu 17 September siang waktu setempat. Penerbangan pesawat itu tertunda selama lebih dari empat jam dari yang dijadwalkan.

"Keselamatan dan keamanan para pelanggan dan kru kami senantiasa merupakan prioritas tertinggi kami. Kami tak akan pernah mengoperasikan sebuah penerbangan jika tidak aman untuk melakukannya," demikian statemen maskapai British Airways. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,