Wilayah Kabupaten Buton Utara Diguncang Gempa 4,2 SR

Wilayah Kabupaten Buton Utara Diguncang Gempa 4,2 SR

Wilayah Kabupaten Buton Utara Diguncang Gempa 4,2 SR. (ilustrasi)

Kendari - Gempa tektonik berkekuatan 4,2 pada skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Buton Utara Sulawesi Tenggara (Sultra),  Senin (18/09/2017) malam sekitar pukul 19.48 Wita.

Bersadarkan data dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, pusat gempa terletak di koordinat 4,54 LS – 123,31 BT atau berjarak sekitar 35 Km Timur Laut, Buton Utara dengan kedalaman 10 km.

"Di daerah ini, guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh sejumlah warga. Hasil koordinasi, belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut," sebut Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia.

Sementara dampaknya berupa goncangan lemah yang dirasakan di Ereke-Buton Utara dan Wanci (Wakatobi), pada skala intensitas I SIG-BMKG (I-II MMI). Hingga pukul 21.20 Wita, belum terjadi aktivitas gempa susulan, warga diimbau untuk tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa.

"Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi tersebut merupakan gempa bumi yang dangkal, akibat aktivitas sesar Hamilton di bagian Timur Laut Pulau Buton," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,