Deddy Mizwar, Pertambangan di Karawang Rusak Parah

Deddy Mizwar, Pertambangan di Karawang Rusak Parah

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar

Bandung – Setelah menyegel pertambangan pasir besi liar di Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang sebelum Lebaran lalu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar saat ini merasa geram soalnya pengusaha tambang terus melanjutkan aktifitasnya meski sudah dilakukan penyegelan atau penutupan.

Berdasarkan informasi Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, kawasan yang dilakukan penyegelan saat itu, sekarang kondisinya sudah sangat memprihatinkan, lingkungan di sana mengalami kerusakan akibat penambang pasir besi terus melakukan eksplorasi.

“Kondisi lingkungan disana begitu rusak, ada wilayah terlihat seperti danau karena terus dilakukan penambangan pasir besi. Disana juga ada aliran mata air yang terputus karena terkena galian, galian pasir besi sangat merusak lingkungan sekitar,” kata Deddy Mizwar, Sabtu (6/9/2014).

Deddy Mizwar mengatakan, dari ratusan pengusaha tambang pasir besi yang beroperasi disana, ternyata kebanyakannya adalah ilegal.

“Dari ratusan penambang, ternyata yang punya izin hanya baru satu perusahaan. Semuanya itu bodong alias illegal. Mereka banyak juga yang memalsukan dokumen perizinan padahal kenyataannya belum punya,” katanya.

Kejadian penambangan liar di Jawa Barat tidak bisa dibiarkan begitu saja, jika terus terjadi aktifitas penambangan liar entah itu pasir besi atau batu gunung diprediksi beberapa tahun ke depan lingkungan dan alam di Jawa Barat akan rusak parah. Pemprov Jabar meminta Polda Jabar dan Kejati Jabar untuk segera menjerat para pelaku tambang liar termasuk pengusahanya.(Ode)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,