Manaro Voui Terancam Meletus Ribuan Warga Dievakuasi

Manaro Voui Terancam Meletus Ribuan Warga Dievakuasi

Gunung Manaro Voui di Vanuatu berpotensi meletus. (foto - Twitter)

Port Villa - Manaro Voui, salah satu gunung berapi di Vanuatu terancam meletus. Gunung yang berada di Samudera Pasifik Selatan itu mulai mengeluarkan kepulauan asap. Lebih dari 6 ribu orang di kawasan tersebut terpaksa dievakuasi ke kamp darurat.
 
Dilansir Reuters, Rabu (27/9/2017) Gunung Manaro Voui terletak di Pulau Ambae, yang berada di wilayah utara Vanuatu. Kantor Penanggulangan Bencana Nasional Vanuatu melaporkan, Manaro Voui mulai menunjukkan peningkatan aktivitas sejak awal bulan ini. 

Disebutkan, aktivitas vulkanis pada gunung api tersebut semakin intens sejak akhir pekan lalu, dengan mulai dikeluarkannya abu dan gas vulkanis. Situasi itu memicu kekhawatiran, dalam waktu dekat Manaro Voui akan mengalami erupsi.
 
Sementara otoritas Vanuatu telah mempersiapkan sedikitnya 15 kamp pengungsian darurat. Namun demikian, untuk evakuasi dalam skala besar, masih mengalami kekurangan soal suplai logistik. Terakhir kalinya Manaro Voui meletus pada 2005. 

"Kita sedang dalam musim kemarau dan dengan abu mengkontaminasi sejumlah suplai. Namun, yang menjadi kekhawatiran terbesar saat ini adalah menyalurkan air bagi mereka yang dievakuasi," sebut Direktur Kantor Penanggulangan Bencana Nasional, Shadrack Welegtabit

Seperti diketahui, Vanuatu merupakan salah satu negara termiskin di dunia. Kebanyakan warga di negara kecil itu bergantung sepenuhnya pada hasil pangan yang mereka tanam sendiri, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

"Orang-orang di Ambae mencari nafkah secara terbatas, sehingga ketakutan terbesar tidak hanya isu kehilangan tempat tinggal, tapi juga kondisi hasil panen dan vegetasi," tegas Direktur Save the Children Australia untuk Vanuatu, Georgia Tacey.

Vanuatu merupakan negara gugusan kepulauan yang memiliki lebih dari 80 pulau kecil, dengan jumlah penduduk 260 ribu. Vanuatu terletak di sebelah timur Australia dekat New Calodonia, Papua Nugini dan Kepulauan Solomon serta Fiji. 
 
Negara tersebut terletak di Cincin Api Pasifik yang aktif secara geologis. Meski demikian, Pulau Tana yang juga memiliki gunung api aktif menjadi daya tarik wisatawan yang besar. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,