Masjid di Swedia Diduga Dibakar, Pemuda 20 Tahun Diciduk

Masjid di Swedia Diduga Dibakar, Pemuda 20 Tahun Diciduk

Masjid di Orebro Swedia diduga dibakar. (foto - Associated Press)

Stockholm - Mesjid yang berada di Orebro Swedia diduga dibakar. Terkait dengan kejadian tersebut pihak kepolisian telah menangkap seorang pria yang diduga sebagai pelaku.
 
Dilansir AFP, Rabu (27/9/2017) pria tersebut ditangkap pada Selasa 26 September. Insiden semacam ini disebutkan memang kerap terjadi di Swedia. "Kita tidak melihat motif agama atau politik di balik aksi kriminal ini, dan kita menahan diri untuk segala spekulasi," sebut petugas Kepolisian Orebro, Bo Andersson dalam konferensi pers.
 
Orebro terletak sekitar 200 km sebelah barat Stockholm. Sementara pria yang ditangkap, menurut Andersson, lahir tahun 1997 atau berusia sekitar 20 tahun. Masjid yang dapat menampung sekitar 250 orang tersebut, dikunjungi ribuan jemaah setiap bulannya.
 
Berdasarkan foto yang tersebar di Facebook, tampak sebagian besar bangunan masjid hangus terbakar. Pembakaran diduga dilakukan pada Selasa dinihari waktu setempat.
 
"Ini adalah hari yang menyedihkan untuk umat Muslim di Orebro dan di Swedia. Tidak enak rasanya saat Anda bangun tidur dan mendapati masjidnya telah hancur," kata kepala yayasan masjid, Jamal Lamhamdi kepada koran lokal, Nerikes Allehanda.
 
Sejumlah masjid di Swedia memang menjadi target dari penyerangan pembakaran dan vandalisme dalam beberapa tahun terakhir. Namun, hanya sedikit yang pelakunya berhasil ditangkap dan tidak ada korban dari penyerangan itu. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,