Eks PM Thailand Itu Divonis 5 Tahun Terkait Subsidi Beras

Eks PM Thailand Itu Divonis 5 Tahun Terkait Subsidi Beras

Eks PM Thailand Yingluck Shinawatra diganjar 5 tahun penjara. (foto - Getty Images)

Bangkok - Mantan Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra diganjar hukuman lima tahun penjara secara in-absentia, dalam kasus subsidi beras. Sebelumnya, Yingluck dilaporkan melarikan diri keluar negeri sejak 25 Agustus lalu.
 
Dilansir Reuters, Rabu (27/9/2017) pembacaan putusan untuk kasus subsidi beras yang menjerat Yingluck seharusnya digelar pada 25 Agustus lalu. Namun adik mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra tersebut tidak hadir.
 
Ketidakhadiran Yingluck pada saat itu mengejutkan ratusan pendukungnya, yang telah menunggu di pengadilan. Sejumlah ajudan menyebutkan, Yingluck kabur keluar dari Thailand karena khawatir dijatuhi vonis berat.
 
Yingluck menjabat PM Thailand setelah memenangkan pemilu tahun 2011. Ia memperkenalkan kebijakan subsidi beras yang populer di kalangan petani, namun disebut memicu kerugian negara hingga miliaran dolar AS. Pemerintahan Yingluck dikudeta oleh militer Thailand pada 2014.
 
Sidang pembacaan putusan akhirnya digelar Mahkamah Agung Thailand, Rabu 27 Septemberr secara in-absentia, atau tanpa dihadiri terdakwa. Dalam putusan pengadilan, Yingluck dinyatakan bersalah atas dakwaan melakukan kelalaian dalam pelaksanaan kebijakan subsidi beras yang gagal.
 
"Pengadilan menyatakan, terdakwa bersalah atas dakwaan yang dijeratkan. Pengadilan menjatuhkan vonis 5 tahun terhadapnya, dan pengadilan juga secara bulat sepakat vonis itu tidak ditunda pelaksanaannya," tegas hakim yang membacakan putusan pengadilan.
 
Sejauh ini, keberadaan Yingluck masih belum diketahui pasti. Pada bulan lalu Yingluck dilaporkan berada di Dubai Uni Emirat Arab. Sementara sang kakak, Thaksin dilaporkan memiliki rumah di Dubai. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,