Tingkatkan Kebahagiaan Warga, Curhat Yu dengan 'Kekasih'

Tingkatkan Kebahagiaan Warga, Curhat Yu dengan 'Kekasih'

Walikota Bandung Ridwan Kamil meresmikan "Kekasih" di Taman Cikapayang Bandung. (foto - ist)

Bandung - Untuk meningkatkan indeks kebahagiaan warga, Pemkot Bandung meluncurkan "Kekasih" (Kendaraan Konseling Silih Asih). Kekasih hadir memberikan layanan konsultasi kesehatan dan program inovasi, untuk memberi solusi terhadap permasalahan psikologis warga Bandung.

Peresmian "Kakasih" dilakukan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil bersama Wakil Walikota Oded M Danial, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita dan Ketua TP PKK Kota Bandung Atalia Praratya di Taman Cikapayang Kota Bandung, Kamis (28/9/2017).

"Seperti kita ketahui, pembangunan itu harus seimbang antara fisik dan mental. Sudah dijelaskan juga di lagu Indonesia Raya,  bangunlah jiwanya bangunlah badannya. Lewat lagu itu, ini inovasi yang hadir memberikan kemudahan konseling, khususnya untuk jiwa agar lebih baik," kata Emil.

Lewat "Kekasih" Emil ingin warga Bandung lebih bahagia. Sebab, Bandung yang berpenduduk 2,4 juta jiwa cenderung membuat stres. Warga butuh teman bercerita karena ada problem psikologi dan kecemasan. "Mobil konseling hadir dengan mudah diakses. Tinggal datang ke Taman Cikapayang dan Taman Sejarah, nanti di situ ada tim konseling untuk hidup lebih bersemangat," katanya.

Emil menjelaskan, selama tahun 2017 tingkat bunuh diri di Kota Bandung tergolong rendah, yakni hanya ada tiga kasus. Meski demikian, ia berharap kejadian bunuh diri tidak terjadi sama sekali. "Hadirnya kendaraan ini, bagi mereka yang punya masalah putus dan hidupnya malas, Kekasih hadir untuk membantu permasalahan di masyarakat," tegasnya.

Menurutnya, konseling di Bandung ini khas karena berbasis agama, sehingga MUI membantu memberikan referensi berbasis agama. "Kekasih" menargetkan kaum muda. Sebab, berdasarkan penelitian, remaja memiliki tingkat terbesar persoalan percintaan," papar Emil.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Rita Verita mengatakan, kegiatan konseling hadir setiap Minggu pukul 7.00-10.00 WIB. Pada masa percobaan kendaraan konseling beroperasi dua minggu sekali di Taman Cikapayang dan Taman Sejarah.

Sejumlah menu konseling, antara lain problem anak remaja seperti kesehatan, pendidikan dan pergaulan. Juga ada tips menyelesaikan masalah psikologis, konseling religi, kesehatan reproduksi, konseling berhenti merokok. Selain itu ada pula konseling upaya meningkatkan produksi ASI. (Jr.)**

.

Categories:Gaya hidup,
Tags:,