Setnov Menang KPK Segera Keluarkan Sprindik Baru?

Setnov Menang KPK Segera Keluarkan Sprindik Baru?

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah. (foto - ist)

Jakarta - Sejauh ini KPK masih mempelajari putusan sidang praperadilan yang dimenangi Setya Novanto. Lembaga antirasuah itu tengah berpikir-pikir untuk mengeluarkan surat perintah penyidikan (sprindik) baru untuk Novanto.

"Alternatif yang sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Apakah itu KUHAP ataupun Perma (Peraturan MA) yang sudah mengatur secara tegas praperadilan itu tentu menjadi pertimbangan KPK," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK Jalan Kuningan Persada Jakarta, Jumat (29/9/2017).

Menurut Febri, saat ini KPK masih berdiskusi setelah ada putusan sidang praperadilan. KPK ingin melihat lebih rinci mengenai putusan sidang praperadilan tersebut, sehingga KPK belum memutuskan untuk mengeluarkan sprindik baru.

"Dari pembicaraan dan diskusi, kami akan melakukan pembahasan dan diskusi terlebih dulu, melihat secara rinci putusan praperadilan proses dari awal sampai putusan akhir. Juga perkembangan dari proses penyidikan dan penanganan perkara e-KTP lainnya," tegas Febri.

Selain itu, belum ada pembahasan jangka waktu kapan KPK akan mengeluarkan sprindik baru. Namun diharapkan, elemen masyarakat bisa mengawal kasus proyek e-KTP.  "Kita belum bisa bicara soal jangka waktu. Yang pasti KPK serius untuk tetap menangani kasus e-KTP," tambahnya.

Seperti diketahui, dalam vonis praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Hakim Cepi Iskandar menyatakan status tersangka Setya Novanto tidak sah. Hakim mengabulkan sebagian permohonan Novanto.

Hakim menilai, penetapan tersangka harus dilakukan pada tahap akhir penyidikan suatu perkara. Hal itu harus dilakukan untuk menjaga harkat dan martabat seseorang. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,