Dubai Segera Operasikan 'Taksi' Terbang Pertama di Dunia

Dubai Segera Operasikan 'Taksi' Terbang Pertama di Dunia

Dubai melakukan uji coba taksi terbang. (foto - Dubai’s media office)

Dubai - Dubai tampaknya layak disematkan sebagai kota masa depan. Setelah melakukan uji coba, tinggal masalah waktu :taksi" terbang sepertinya bakal segera dioperasikan.
 
Seperti dilansir Daily Mail, Jumat (29/9/2017) mulai dari gedung pencakar langit tertinggi hingga pulau reklamasi, tidak ada hal yang mustahil bagi Dubai. Sementara yang terbaru, Dubai tengah menguji-coba pengoperasian "taksi" terbang.
 
Secara teknis, "taksi" terbang merupakan sebuah drone berukuran besar yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan Jerman bernama Volocopter. Seperti layaknya helikopter mini, Volocopter tersebut memiliki kapasitas dua penumpang disertai 18 baling-baling.
 
Namun berbeda dengan drone, Volocopter tidak dikendalikan oleh remote control. Kendaraan itu pun diketahui bisa terbang dengan durasi 30 menit, serta memiliki kecepatan maksimal hingga 100 km/jam. Untuk berjaga-jaga, Volocopter dilengkapi dengan baterai cadangan hingga parasut untuk penumpangnya.
 
Bisa dibilang, Volocopter tersebut adalah kendaraan masa depan yang akan segera menjadi nyata. Uji coba kelayakan Volocopter itu sendiri sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Tak tanggung-tanggung, uji coba itu pun dilakukan langsung di hadapan Pangeran Mahkota Sheikh Hamdan bin Mohammed.
 
"Kami hanya akan menunjukkannya di depan publik ketika kami dapat menunjukkan, kalau Volocopter ini bisa terbang. Kami menunjukkan fakta, bukan visi masa depan," sebut Co-founder Volocopter, Alexander Zosel.
 
Keberadaan Volocopter itu pun tamaknya sesuai dengan visi misi dari Pangeran Mahkota Sheikh Hamdan bin Mohammed. Menurutnya, kalau Volocopter dapat berkontribusi pada perkembangan teknologi dewasa ini.
 
"Memajukan inovasi dan mengadopsi teknologi terbaru yang memberi kontribusi tak hanya pada pembangunan negara, tapi juga membangun jembatan untuk masa depan," katanya. Tinggal masalah waktu, Volocopter bisa menjadi kenyataan digunakan sebagai "taksi" terbang di Dubai. (Jr.)**
.

Categories:Otomotif,
Tags:,