Keuangan Memburuk, Menhub Stop Pengoperasian Kalstar

Keuangan Memburuk, Menhub Stop Pengoperasian Kalstar

Menhub berhentikan pengoperasian Kalstar Aviation untuk sementara waktu. (foto - ist)

Jakarta - Kalstar Aviation secara resmi tidak lagi melakukan operasi penerbangan untuk sementara waktu. Alasan penghentian pengoperasian dikarenakan maskapai yang beroperasi di Kalimantan itu mengalami kendala finansial.
 
"Karena dia secara finansial sudah negatif, maka kami minta untuk dihentikan sementara," tegas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Sabtu (30/9/2017).
 
Menurut Budi, jika permasalahan itu sudah bisa ditindaklanjuti, Kemenhub akan mengembalikan izin terbang. Sebab, urusan finansial dalam sebuah maskapai penerbangan hal yang krusial. "Nanti kalau mereka (Kalstar) bisa recover, kami akan audit, baru dikasih kesempatan untuk kembali terbang. Kalau keuangannya negatif, ini bahaya untuk penerbangan, jadi secara finansial harus ditutup," katanya.
 
Operasi penerbangan Kalstar Aviation mulai diberhentikan untuk sementara mulai Sabtu ini, tepat pukul 00.00 WIB. Hal itu diberlakukan setelah Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub menetapkan untuk 'memvakumkan' maskapai itu.
 
Namun demikian, Kalstar masih memulai operasi penerbangan ke beberapa rute wilayah di Tanah Air pada 29 September 2017. Antara lain Surabaya tujuan Pangkalan Bun, Pangkalan Bun tujuan Ketapang, Ketapang tujuan Pontianak dan Samarinda tujuan Berau. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,