15 Klub Ancam Berhenti Kompetisi, Liga 1 Terancam Bubar?

15 Klub Ancam Berhenti Kompetisi, Liga 1 Terancam Bubar?

Sejumlah klub ancam mogok berkompetisi karena kecewa. (foto - ist)

Jakarta - Sedikitnya 15 klub peserta Liga 1 mengajukan gugatan terhadap PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan mengancam untuk berhenti mengikuti kompetisi musim ini yang hanya tersisa 6 laga. Mereka menganggap, PT LIB tidak bisa menerapkan tata kelola sepakbola Indonesia dengan baik.
 
Ke-15 klub itu yakni Arema FC, Barito Putra, Bhayangkara FC, Madura United FC, Mitra Kukar, Persegres Gresik dan Persela Lamongan. Selain itu Perseru Serui, Persiba Balikpapan, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, PSM Makassar, Pusanmania Borneo FC, Semen Padang dan Sriwijaya FC. Sementara Persib Badnung, Bali United dan PS TNI tak ikut serta dalam kesepakatan itu.
 
Ke-15 klub itu menuntut tiga aspek, yakni soal kejelasan aspek bisnis, legal dan teknis. Ketiga hal itu yang dinilai masih jauh dari harapan mereka sebagai peserta kompetisi.  Tuntutan mereka disampaikan oleh 5 perwakilan dari 15 klub tersebut di FX Senayan Jakarta, Rabu (4/10/2017).
 
Direktur Utama Persija Jakarta Gede Widiade menyatakan, tindakan itu dilakukan setelah tidak juga mendapatkan kepastian dari PT LIB. Ekspektasi yang digencarkan pihak PT LIB untuk memajuka sepakbola nasional, dinilai belum dirasakan menyeluruh.
 
Bahkan, memasuki pekan ke-27 Liga 1 belum ada tanda-tanda perbaikan atau memuaskan untuk ketiga aspek itu. Sebelumnya PT LIB menjanjikan ada pertemuan dengan para pemangku kepentingan Liga 1. Ada komitmen awal yang ditunjukkan dari operator, misalnya besaran subsidi yang lebih baik dari musim sebelumnya atau transparansi dana, rating hak siar serta aturan.
 
"Dalam perkembangannya ternyata tidak berjalan. Kami sudah membicarakan kepada federasi terkait hal itu. Bahkan, kami masih memberikan kepercayaan hingga lewat putaran I. Namun dari putaran pertama, kami menilai LIB kurang penuhi harapan itu," katanya. 
 
Diakui, pihaknya pernah melayangkan surat pada PT LIB untuk melakukan audiensi dengan ke-15 klub itu. Namun, PT LIB membalasnya lewat surat dan mengatakan, jika mereka berhalangan hadir karena sudah ada agenda lain yang terjadwal.
 
Sementara perwakilan Persipura, Bento Madubun menambahkan, ke-15 klub memberikan kesempatan dua pekan kepada PT LIB untuk memberikan solusi konkret. Jika dalam waktu 14 hari tidak juga ada respons, ia menegaskan akan berhenti berkompetisi sementara. (Jr.)**
.

Categories:Sepak bola,
Tags:,