Bungai Bangkai Tumbuh Kagetkan Warga Cikutra Bandung

Bungai Bangkai Tumbuh Kagetkan Warga Cikutra Bandung

Bunga bangkai tumbuh di kawasan Gang Sukamulya Kelurahan Cikutra Kecamatan Cibeunying Kota Bandung. (foto - ist)

Bandung - Bunga bangkai tumbuh di kawasan Gang Sukamulya Kelurahan Cikutra Kecamatan Cibeunying Kota Bandung, cukup mengagetkan warga setempat. Bunga dengan nama latin Amorphophallus paeonifolius atau Suweg raksasa itu, tumbuh di lapangan bekas reruntuhan bangunan.
 
"Sudah ada sejak sebulan lalu, masih kuncup tapi kecil," sebut Maesaroh (40) salah seorang warga setempat, Rabu (4/10/2017). Menurutnya, sebelum mengetahui tanaman itu masuk dalam salah satu keluarga bunga bangkai, tanaman itu dibiarkan begitu saja.
 
Bahkan, anak-anak yang suka bermain di lapangan bekas reruntuhan itu sering menendangnya. Ketika ada salah satu anggota keluarga dari Cianjur berkunjung ke rumahnya, ia memberitahukan tumbuhan itu termasuk dalam spesies bunga bangkai.
 
"Empat hari lalu diberitahu bahwa ini bunga bangkai. Kami langsung kaget, kok bisa tumbuh di tempat seperti gini," katanya seperti dilansir Antara. Ia pun bersama warga lain berinisiatif membuatkan pagar di sekitar tumbuhnya bunga bangkai itu, untuk menghindari tangan jahil yang mencoba menebangnya.
 
Menurut warga setempat, tanaman dengan warna merah hati itu kadang mengeluarkan bau yang tidak sedap. Hingga jarak 10 meter aroma itu masih terasa. Bunga dengan warna merah kecoklatan itu belum mekar. Diperkirakan, bunga dengan tinggi 40 cm itu akan berkembang pada tujuh hari ke depan. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,