Dokter RSHS Berhasil Angkat Jarum Pentul di Tubuh Anisa

Dokter RSHS Berhasil Angkat Jarum Pentul di Tubuh Anisa

Kondisi Anisa Salim (14) stabil dan sadar setelah menjalani operasi di RSHS Bandung. (foto - ist)

Bandung - Jarum pentul yang bersarang selama 17 hari di dalam tubuh Anisa Salim (14), berhasil diangkat tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Proses pengangkatan benda tersebut membutuhkan waktu kurang dari satu jam.

Operasi jarum pentul yang bersarang di percabangan brochus atau berada dekat dengan paru-paru Anisa itu menggunakan alat bronkoskopi. Proses pengangkatannya berlangsung mulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 07.45 WIB, Kamis (5/10/2017).

"Operasi berlangsung dari jam tujuh pagi, dan sekitar 45 menit bisa diambil dengan berbagai posisi tanpa harus dibedah," sebut dokter spesialis THT RSHS Bandung Sinta Sari Ratunanda di RSHS Jalan Pasteur Kota Bandung.

Menurutnya, proses pengangkatan jarum pentul tersebut dibantu alat bronkoskopi, berupa tabung berbahan logam. Alat tersebut dimasukkan melalui mulut hingga merangsek ke dalam saluran pernapasan. "Saat pengangkatan, jarum pentul memang tersangkut dan menusuk saluran pernapasan pasien. Namun dengan teknik tertentu, pengangkatan berjalan lancar," tegas Sinta.

Sejauh ini, kondisi Anisa sudah realtif stabil dan sadar. Dokter memastikan tidak terjadi komplikasi pada gadis asal Sumedang itu. Namun demikian, tim dokter akan melakukan observasi lebih lanjut. "Kita harapkan tidak ada efek samping dari proses pengangkatan jarum pentul itu," katanya.

Seperti diketahui, insiden jarum pentul tertelan terjadi di tempat sekolah Anisa, pada Senin 18 Septembe. pada awalnya ia lagi benerin jilbab, jarumnya digigit lalu kesenggol temannya. Masuklah jarum pentul tersebut ke tubuh Anisa. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,