Jembatan Cikaso Akses Vital Tiga Desa di Ciamis Terputus

Jembatan Cikaso Akses Vital Tiga Desa di Ciamis Terputus

Jembatan Cikaso yang menghubungkan tiga desa di Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis terputus, Kamis 5 Oktober 2017 sekitar pukul 10.00 WIB. (foto - ist)

Ciamis - Mobilitas ratusan warga jadi terhambat, menyusul Jembatan Cikaso yang menghubungkan tiga desa di Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis terputus, Kamis (5/10/2017 sekitar pukul 10.00 WIB.  Akses desa yang terputus, yakni Desa Cikaso dengan Desa Tanjungsari dan Langkapsari.

Jembatan itu runtuh akibat hujan yang menyebabkan arus sungai di bawah jembatan itu semakin deras. Banjir besar terjadi di Sungai Cikaso, hingga mengakibatkan bendung Cikaso yang letaknya di bawah jembatan juga jebol.

Kejadian itu mengakibatkan air Sungai Cikaso tidak dapat memasok saluran irigasi yang saat ini sedang dibutuhkan petani. Jembatan yang memiliki bentang sekitar 50 meter itu hancur sebagian. Puluhan warga juga tampak berkerumun di ujung jembatan yang putus. di saat air Sungai Cikaso yang cukup deras.

"Saat itu Sungai Cikaso mendadak banjir besar. Bahkan, sebelum runtuh masih banyak warga yang melintas," kata sejumlah warga Cikaso. Padahal, jembatan utama penghubung antarwilayah itu menjadi akses vital bagi ratusan pelajar sekaligus jalur perekonomian warga.

Akibat kejadian itu mereka terpaksa harus memutar hingga 10 kilometer. Menurut warga, jembatan dan bendung di bawahnya dibangun tahun 2007. Saat ini, tengah dilakukan pengerjaan perbaikan jaringan irigasi. Sebagian tembok bangunan di sebelah fondasi ujung jembatan juga hancur diterjang banjir.

"Sudah dua bulan ini ada perbaikan jaringan, dan ingga sekarang belum selesai. Bahan, hancur diterjang banjir," kata. Jebolnya bendungan itu membuat air tak lagi mengalir ke persawahan di sekitarnya. Warga berharap, Pemkab Ciamis memperbaiki Jembatan Cikaso itu sesegera mungkin. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,