Cuaca Ekstrem Picu Banjir di Sejumlah Wilayah di Cilacap

Cuaca Ekstrem Picu Banjir di Sejumlah Wilayah di Cilacap

Sejumlah wilayah di Cilacap Jawa Tengah dilanda banjir. (foto - Basarnas Cilacap)

Cilacap - Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap menyebutkan, banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Cilacap akibat cuaca ekstrem. Curah hujan yang turun di wilayah yang berbatasan dengan Provinsi Jabar itu cukup tinggi.

"Termasuk cuaca ekstrem, curah hujan tercatat 171,6 milimeter di Stasiun Meteorologi Cilacap," kata Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap Teguh Wardoyo, Sabtu (7/10/2017).

Menurutnya, di wilayah Jeruk Legi curah hujan tercatat 298 milimeter. Kemudian di wilayah Binangun serta Kroya tercatat 108 milimeter. Kondisi itu termasuk dalam kategori hujan ekstrem karena sudah mencapai di atas 100 milimeter per hari, dan untuk wilayah Cilacap bagian selatan sudah memasuki musim penghujan.

Ia menghimbau, kepada warga Cilacap agar tetap waspada terutama bila hujan mulai turun. Warga yang tinggal di daerah rawan banjir agar tetap siaga. "Karena sudah mulai turun hujan maka harus tetap waspada. Hujan ekstrem bisa saja terjadi setiap waktu," katanya.

Sementara itu BPBD Cilacap, PMI, Basranas dan Lanal Cilacap terus melakukan pemantauan di beberapa daerah yang mengalami banjir terutama di Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten. Di desa itu ketinggian air mencapai 1,5-2 meter. Puluhan warga yang rumahnya kebanjir mulai mengungsi.

Banjir di antaranya terjadi di Jalan Ketapang Perumahan Ketapang dan Perum Pepabri Kelurahan Kebonmanis Cilacap Utara, lalu Jalan Bali Kelurahan Gunungsimping, Kampus Akademi Maritim Nusantara di Jalan Kendeng Cilacap Tengah, Jalan Rinjani, RSU Fatimah dan RSI Cilacap. Akibatnya, sekitar 40 Kepala Keluarga (KK) mengungsi ke rumah keluarga lainnya yang tidak terdampak banjir. 

"Wilayah kota nyaris menyeluruh tegenang dengan ketinggian baru sampai 30 centimeter, tapi di Jjalan Kendeng ketinggian air sampai 50 centimeter. Daerah Kalijeruk, Kawunganten ketinggiannya 50 centimeter," kata Koordinator Basarnas Pos SAR Cilacap, Moelwahyono. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,