Gempa Bumi Berskala 6,3 SR Guncang Wilayah Cile Utara

Gempa Bumi Berskala 6,3 SR Guncang Wilayah Cile Utara

Gempa Bumi Berskala 6,3 SR Guncang Wilayah Cile Utara. (foto - USGS)

Cile - Wilayah Cile Utara dekat perbatasan Peru diguncang gempa bumi berkekuatan 6,3 pada skala Richter (SR), Selasa (10/10/2017) pukul 03.32 waktu setempat. Sejauh ini, belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban jiwa akibat guncangan itu.

Dilansir The Telegraph, Selasa (10/10/2017) Berdasarkan keterangan Badan Geologi Amerika Serikat (USGS), lokasi gempa berada di dekat perbatasan Cile dengan Peru, yakni 73 kilometer (km) sebelah timur kota Pantai Arica dan 87 km sebelah tenggara Kota Tacna.

Kepada media setempat, La Tercera, seorang penduduk Arica mengatakan getaran gempa terasa kuat. Namun, guncangan itu tidak memutus aliran listrik dan komunikasi. USGS mengatakan, pusat gempa cukup dalam, yakni 82 km dari permukaan laut. Namun menurut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, belum ada peringatan tsunami atas gempa tersebut.

Wilayah Cile memang kerap kali diguncang gempa, karena berada di wilayah cincin api Pasifik atau ring of fire. Wilayah yang berada di daerah tersebut sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi, karena mengelilingi cekungan Samudra Pasifik.

Sebelumnya, wilayah pantai negara tersebut juga diguncang gempa bumi berkekuatan 7,1 pada sekala Richter pada 25 April 2017 lalu. Setelah gempa tersebut, terjadi dua kali gempa susulan. Gempa tersebut juga tidak mengakibatkan tsunami.

USGS mengatakan, gempa berpusat di 35 kilometer dari barat Kota Valparaiso. Pusat gempa berada di 10 kilometer di bawah dasar laut. Setelah gempa, otoritas Cile langsung memerintahkan evakuasi warga dari area pantai karena khawatir datangnya tsunami. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,