Mahasiswi Cina Pascasarjana di UNS Meninggal Dunia

Mahasiswi Cina Pascasarjana di UNS Meninggal Dunia

Huang Zhaoying yang akrab disapa Cherry. (foto - UNS)

Solo Penyelenggaraan "Sarasehan Mahasiswa Pascasarjana" Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dan "cross cultural" untuk mahasiswa internasional di UNS Inn diselimuti suasana duka, Kamis (12/10/2017). Pasalnya seorang di antara mereka, Huang Zhaoying yang akrab dipanggil Cherry meninggal dunia di Rumah Sakit "Dr Oen" akibat menderita meningitis.

Dalam acara kebersamaan di antara para mahasiswa mancanegara yang juga mengagendakan pergelaran kesenian dari negara asal mahasiswa, tidak lagi ada keceriaan. Meski beberapa mata acara tetap berlangsung, ratusan mahasiswa dari berbagai negara itu  tidak dapat menyembunyikan keprihatinannya.

Menurut Kepala Internasional Office UNS Dr. Taufiq Al Makmun, mahasiswa asal Cina Selatan itu sebenarnya telah diwisuda pada 9 September 2017. Di program pascasarjana UNS, Cherry mengambil jurusan linguistik dan mendapat beasiswa dari program kerja sama negara berkembang (KNB).

"Sebenarnya ia telah berencana pulang ke Cina, bahkan sudah membeli tiket untuk tanggal 11 September 2017. Namun pada 10 September 2017 Cherry jatuh sakit dan dirawat di RS Dr. Oen sampai akhirnya meninggal dunia," katanya.

Berdasarkan diagnosis tim dokter, ia menderita radang selaput otak. Setelah dalam perawatan selama sebulan, Selasa pukul 17.40 WIB Cherry mengembuskan napas terakhir. "Kami merasa kehilangan besar. Meski kami dari negara yang berbeda, selama di UNS kami menjadi keluarga besar," kata Ketua Perhimpunan Mahasiswa Penerima Beasiswa KNB UNS, Baraka Stewart Mkumbe.

Di tengah sarasehan itu, sempat diputar video dokumentasi berjudul "Tiga Lidah Tiga Cerita" yang dibintangi Cherry. Dalam suasana duka, sejumlah mahasiswa membacakan puisi dan sebuah lagu bertema perpisahan, sehingga beberapa orang tampak menitikkan air mata.

Direktur Pascasarjana UNS, Prof. Dr. Furqon Hidayatullah menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Cherry. Pemulangan jenazah Cherry yang disemayamkan di rumah jenazah Tiong Ting masih menunggu keputusan keluarga, dan pihak UNS berkoordinasi dengan Konjen Cina untuk Indonesia. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,