Kolaborasi Industri Besar dan Start Up Dongkrak Ekonomi

Kolaborasi Industri Besar dan Start Up Dongkrak Ekonomi

ITB CEO NET & Techno Preneurship Festival 2017 di Kampus Institut Teknologi Bandung. (foto - dung)

Bandung - Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat diperlukan adanya industri, baik yang membuat maupun yang menjual produk. "Selain dapat meningkatkan ekonomi perusahaan juga menambah lapangan kerja," kata Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB Prof. Dr. Suhono Harso Supangkat.
 
"Yah, event ini untuk mempertemukan industri  besar dan pengusaha kecil (start up), sehingga tercipta kolaborasi di antara pengusaha tersebut," kata Suhono, dalam "ITB CEO NET & Techno Preneurship Festival 2017" di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Rabu (12/10/2017).
 
Event yang dilaksanakan untuk memediatori para industri besar dan pengusaha kecil - besar itu, dilakukan untuk memberi kesejahteraan ekonomi baik bagi lapangan pekerjaan maupun perusahaan yang dapat mendongkrak industri.
 
"Tentunya, untuk meningkatkan industri perlu inovasi, baik inovasi model baru atau gabungan model  lama. Contoh, aplikasi ojek online. Ini inovasi baru dan berdampak positif bagi lapangan pekerjaan dan perusahaan," katanya.
 
Namun, kolaborasi itu tidak akan tercapai jika industri kecil (pengusaha kecil) tidak memiliki value pada produk yang diciptakan. "Industri besar tentunya akan bisa berkolaborasi dengan perusahaan kecil (start up), jika perusahaan kecil itu dapat memberikan produk yang memiliki nilai. Tentu semuanya harus ada win win solutionnya," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,