Gedung Sate 'Menghijau' Angkutan Online Tuntut Legalitas

Gedung Sate 'Menghijau' Angkutan Online Tuntut Legalitas

Aksi damai dan doa bersama ribuan pengemudi angkutan berbasis aplikasi di Gedung Sate Bandung, Senin 16 Oktober 2017. (foto - @aku_driverbdg)

Bandung - Kawasan Gedung Sate tampak menghijau, ribuan pengemudi angkutan berbasis aplikasi menuntut pemerintah untuk mengakui legalitas mereka. Mereka meminta pemerintah segera mengeluarkan kebijakan, terkait angkutan berbasis aplikasi di Jabar.

Kordinator Lapangan dari Perkumulan Pengemudi Online Satu Komando Jawa Barat (Posko Jabar) Tezar Dwi Aryanto menyatakan, kehadiran mereka bersama komunitas pengemudi angkutan berbasis aplikasi menuntut pemerintah melegalkan kehadirannyya. 

Apalagi dengan adanya imbauan angkutan berbasis aplikasi untuk beroperasi hingga 1 November 2017. "Jangan ada intimidasi terhadap konvesional dan online. Pemerintah harus segera memberikan pernyataan untuk transportasi seperti ini. Kami ingin ada kejelasan,"katanya di sela aksi, Senin (16/10/2017).

Ia mengatakan, pengemudi transportasi online mengharapkan tuntutan agar ke bawah tidak terjadi perang saudara. Tujuan kami ke sini aksi damai, tidak ada aksi anarkis. Kami hanya ingin ke pemerintah agar ada aturan transportasi online," katanya. Selama melakukan aksi damai, seluruh pengemudi angkutan berbasis aplikasi itu pun tidak beroperasi.

Sementara itu, Dedi Hermawan dari ADOB (Asosiadi Driver Online Bandung) menyatakan, mereka hanya ingin menuntut pemerintah menerbitkan aturan transportasi online. "Jangan sampai ada gesekan di lapangan, karena tidak ada aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Kami menindak tegas oknum yang mengintimidasi kami di lapangan," katanya.

Aksi damai dan doa bersama di Gedung Sate Jalan Diponegoro Bandung tersebut diikuti sekitar 5.000 pengemudi angkutan online. Mereka mulai berkumpul di kawasan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat Jalan Dipatiukur sekitar pukul 08.00 WIB, dan bergerak menuju Gedung Sate dengan berjalan kaki sekitar pukul 10.00 WIB. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,