Surfer Sejumlah Negara Kagumi Keindahan Geopark Ciletuh

Surfer Sejumlah Negara Kagumi Keindahan Geopark Ciletuh

Wagub Jabar Deddy Mizwar beserta para peserta Kejuaraan surfing berskala internasional 'Amazing Geopark Adventure Tourism (AGAT) 2017'. (foto - ist)

Sukabumi - Kompetisi surfing berskala internasional lewat Amazing Geopark Advanture Tourism (AGAT) 2017 telah berakhir. Sedikitnya 14 surfer dari 14 negara turut meramaikan gelaran tersebut, untuk berkompetisi dengan surfer lokal.
 
Sejumlah peserta umumnya menyatakan rasa puas atas event yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Jawa Barat tersebut. "Banyak juga yang mengagumi keindahan alam dan budaya yang dimiliki oleh Geopark Ciletuh Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi," sebut Samuel, salah seorang surfer New Zealand.
 
Di puncak gelarannya, Senin (16/10/2017) para surfer diperkenalkan mengunjungi kawasan Pantai Ombak Tujuh Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Kampung Adat Sirnaresmi serta melakukan penghijauan di sekitar Pantai Cimaja dan Pantai Loji Palabuhanratu.
 
Para peserta terbaik juga mendapatkan cinderamata dari Disparbud Jabar. Sebanyak 16 cinderamata pun diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida SH M.Si.
 
Menurut Ida Hernida didampingi Kepala Bidang Dra. Ani Ismarini M. Hum, para surfer yang turut serta dalam kegiatan AGAT 2017 diperkenalkan ke kawasan Kampung Adat Sirnaresmi. Di sana, peserta disambut dengan berbagai macam kesenian. Antara lain Rengkong, Gondang, Debus dan Angklung Gubrag bertujuan untuk memperkenalkan budaya adiluhung sebagai warisan leluhur masyarakat Jabar.
 
Selain itu, diserahkan juga bibit kawung kepada Abah Asep, selaku sesepuh kampung adat Sirnaresmi. Hal itu sebagai bentuk kepedulian untuk mendukung  green tourism, serta melakukan penghijauan di kawasan Pantai Cimaja, Pantai Loji dengan melakukan penanaman bibit kawung di sepanjang pantai. (Jr.)**
.

Categories:Olahraga,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait