Jerman Menangi Laga Lawan Spanyol

Jerman Menangi Laga Lawan Spanyol

Jerman Vs Spanyol. Foto: Net)

Vigo - Toni Kroos melepaskan tembakan jarak jauh semenit sebelum pertandingan usai untuk mengantarkan kemenangan Jerman 1-0 atas Spanyol pada pertandingan persahabatan antara kedua negara papan atas Eropa itu di Vigo pada Rabu (19/11/2014).

Upaya Kroos mengunci hasil akhir pertandingan yang dimainkan di bawah guyuran hujan sehingga tidak banyak peluang tercipta, meski kiper Kiko Castilla, yang masuk sebagai pemain pengganti untuk melakukan debutnya bagi timnas Spanyol, akan merasa cemas saat ia membiarkan bola melewatinya setelah berada dalam posisi untuk meninjunya.

Penyerang Jerman Mario Goetze, yang mencetak gol kemenangan Jerman ke gawang Argentina pada final Piala Dunia Juli silam, nyaris mengemas gol namun Iker Casillas dengan brilian menggagalkan peluangnya pada menit ke-20.

Menaklukkan juara Piala Dunia 2010 sekaligus juara Eropa 2012 merupakan cara terbaik bagi Jerman untuk mengakhiri tahun gemilang di mana mereka meraih mahkota Piala Dunia untuk keempat kalinya.

Spanyol, yang mengalahkan Jerman dengan skor 1-0 di semifinal empat tahun silam pada pertemuan terakhir antara keduanya, sekarang harus menelan kekalahan dan meneruskan pembangunan tim setelah kegagalan mereka mempertahankan gelar di Brazil.

"Kami tahu kami berada dalam periode transisi dan kami optimistis mengenai masa depan," kata pelatih Spanyol Vicente del Bosque pada konferensi pers.

"Pertandingan berlangsung sangat berimbang," tambahnya. "Kedua tim dapat memenanginya, dan hanya gol Kroos yang menentukannya." Del Bosque memulai pertandingan dengan pemain debutan Nolito, yang bermain untuk tim lokal Celta Vigo, dan Alvaro Morata di lini depan, di mana pengatur permainan Isco menjalankan peran kreatif di belakangnya.

Sejawat Del Bosque di Jerman, Joachim Loew, menurunkan Thomas Mueller, Goetze, dan Kevin Volland di lini depan, sedangkan Sami Khedira dan Kroos, yang keduanya bermain untuk Real Madrid, menghuni lini tengah.

Nolito menguji kiper Jerman Ron-Robert Zieler pada menit ke-12 dan, setelah Casillas menggagalkan peluang Goetze, Isco melepaskan tembakan yang terlalu tinggi dan melebar ketika berada di posisi yang tepat di tepi kotak penalti.

Del Bosque melakukan sejumlah perubahan pada babak kedua dan Nolito nyaris mencetak gol melalui tendangan bebas pada menit ke-59, sebelum Kroos mengamankan kemenangan perdana Jerman atas Spanyol sejak mereka menang 4-1 pada pertandingan persahabatan di Hanover pada Agustus 2010.

"Kami menginginkan kesuksesan ini untuk pertandingan terakhir kami tahun ini," kata Kroos kepada para pewarta.

"Kami sangat solid saat bertahan dan tidak membiarkan mereka terlalu banyak masuk," tambahnya. "Ini adalah tahun yang hebat dan akhir yang bagus."  (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,