Pabrik Pemintalan Benang di Arcamanik Hangus Terbakar

Pabrik Pemintalan Benang di Arcamanik Hangus Terbakar

Kebakaran pabrik pemintalan benang yang berada di Jalan Golf nomor 2 Kelurahan Cisaranten Wetan Arcamanik Kecamatan Cibambo Kota Bandung. (foto -@diskar_bdg)

Bandung - Pabrik pemintalan benang yang berada di Jalan Golf nomor 2 Kelurahan Cisaranten Wetan Arcamanik Kecamatan Cinambo Kota Bandung hangus terbakar, Kamis (19/10/2017).

Berdasarkan keterangan anggota rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Totoy Yuhasmana menyatakan, hingga pukul 10.30 WIB kebakaran di pabrik tersebut  belum bisa ditangani 100 persen.

Menurutnya, untuk menjinakkan api Diskar PB meluncurkan 24 unit armada dengan rincian 13 pancar dari pusat, 2 tangki dari pusat, 2 unit pancar pos selatan, 2 unit pancar pos timur, 1 unit quick respon, 2 unit rescue dan 2 unit komando pusat dengan bantuan 2 unit PMI Kota Bandung dan 1 unit ambulance Dinkes.

"Bangunan yang terbakar mencapai 6.000 meter persegi. Ini kebakaran menengah ke atas, sehingga kami meminta bantuan ke Mako pusat. Saat ini api sudah 95 persen tertangani karena saat pendinginan ada kesulitan. Di bagian selatan ada bangunan yang roboh," kata Totoy kepada prfm.

Saat petugas tiba di lokasi setelah mendapatkan laporan pada pukul 03.55 WIB, menurut Totoy api sudah membesar dan menjalar ke hampir seluruh bangunan. Petugas pun mengalami kesulitan untuk memasuki gedung yang terbakar sehingga harus membuka celah-celah atau akses dari berbagai titik.

"Sekitar 50 persen terbakar dan 50 persen terselamatkan, itu bangunannnya permanen dan masuk bangunan tua," tegas Totoy. Sejauh ini, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, sedangkan kerugian materi belum bisa diperkirakan.

Sementara itu, untuk penyebab kebakaran karena masih simpang siur maka penyelidikan diserahkan sepenuhnya ke petugas kepolisian. "Alhamdulillah semua selamat, penghuni pabrik maupun petugas kami selamat," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,