Puluhan WNI di New Hampshire AS Terancam Dideportasi

Puluhan WNI di New Hampshire AS Terancam Dideportasi

Protes soal deportasi pemerintahan Donald Trump. (foto - ilustrasi/PRI)

Boston - Nasib puluhan warga negara Indonesia (WNI) di New Hampshire Amerika Serikat (AS), kini berada di ujung tanduk, yang berkaitan dengan kebijakan Donald Trump mengenai deportasi.
 
Hakim Distrik Boston, Patti Saris pusing memikirkan berapa lama lagi ia dapat menunda putusan pemerintahan Trump, untuk mendeportasi 47 Kristiani warga Indonesia. Mereka menyelamatkan diri dari kekerasan di Indonesia 20 tahun lalu, dan tinggal di negara bagian New Hampshire berdasar perjanjian tak resmi dengan pihak imigrasi.
 
Mereka sudah lama dibolehkan menjalani hidup biasa dan terbuka di sana, dengan ketentuan harus menyerahkan paspor dan tetap melapor pada jawatan imigrasi (ICE).
 
Sejak Agustus, anggota kelompok yang melapor diri ke kantor imigrasi diberitahu agar bersiap-siap untuk meninggalkan Amerika. Hal itu sesuai dengan janji kampanye Donald Trump, yang akan mendeportasi jutaan pendatang gelap.
 
Ketentuan tersebut berubah sejak Presiden Trump memutuskan mencabut semua pengecualian yang dikeluarkan ICE. Dengan demikian, mereka sekarang menghadapi situasi harus pulang ke Indonesia, di mana mereka takut akan diskriminasi dan kekerasan. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,