Ribuan Buruh Goyang Bandung Raya

Ribuan Buruh Goyang Bandung Raya

Ribuan Buruh Goyang Bandung Raya

Bandung - Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi dalam tiga hari terakhir ini digoyang aksi unjuk rasa buruh yang menuntut kenaikan UMK sebesar 30 persen, Rabu (19/11/2014).

Sedikitnya 2.500 buruh dari berbagai elemen buruh di Kota Cimahi melakukan aksi di Pemkot Cimahi yang mendesak pleno Dewan Pengupahan Kota Cimahi menetapkan kenaikan upah sebesar 30 persen.

Aksi yang berlangsung di kota itu berlangung sejak Senin dan silih berganti melakukan tekanan kepada Dewan Pengupahan dan Wali Kota Cimahi untuk meneken usulan UMK yang pro buruh.

Selain itu, buruh juga menyatkan kenaikan sebesar itu belum sepadan dengan kondisi terakhir pasca kenaikan BBM.

"Kami mendesak agar kenaikan upah 30 persen untuk pekerja dengan upah di bawah Rp2 juta," kata Dadang, salah seorang Korlap aksi buruh di Kota Cimahi.

Sebelumnya, para buruh melakukan konvoi dari kantong-kantong industri di Kota Cimahi seperti Leuwigajah Cimahi ke kawasan Balaikota Cimahi.

Sementara itu Wali Kota Cimahi, Atty Suharti menyebutkan pihaknya mencoba mengakomoidasi tuntutan buruh, namun di sisi lain tetap mempertimbangkan kemampuan pengusaha.

"Kita akomodasi tuntutan burun yang setiap tahun pasti menyampaikan aspirasinya setiap penetapan UMK, namun kami juga pertimbangkan dari sisi pengusaha," katanya.

Ia menyebutkan, kemampuan pengusaha untuk menaikan upah juga menjadi pertimbangan pemerintah daerah.

"Yang jelas ada solusi terbaik, jangan sampai upah naik signifikan tapi banyak penguaha yang kolaps, itu kita jaga," kata Atty Suharti.

Sementara di Kabupaten Bandung, sekitar seribuan buruh melakukan aksi kenaikan UMK 30 persen di Kompleks Pemda di Soreang. Sebelumnya massa buruh melakukan konvoi sepeda motor dari sejumlah lokasi pabrik di daerah itu menuju Soreang.

Kapolres Bandung, AKBP Jamaluddin menyebutkan, pihaknya mengerahkan dua pertiga kekuatan untuk pengamanan aksi buruh, demo BBM dan kegiatan lainnya.

"Kita siaga satu dan dua pertiga kekuatan dikerahkan untuk pengamanan aksi buru dan antisipasi dampak kenaikan BBM. Secara umum suasana Kota Bandung kondusif," kata Kapolres.

Sedangkan di kawasan Jatinangor, Tanjung, Cimanggung Kabupaten Sumedang, buruh juga tersensentrasi di jalan raya Rancaekek. Mereka melakukan aksi unjuk rasa ke Pemkab Sumedang juga dengan tuntutan kenaikan UMK 30 persen. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:cimahi,