Tol Soroja Diusulkan Jadi Jalan Tol Dalam Kota

Tol Soroja Diusulkan Jadi Jalan Tol Dalam Kota

Tol Soreang - Pasirkoja Diusulkan Jadi Jalan Tol Dalam Kota. (foto - ist)

Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengusulkan status Jalan Tol Soreang - Pasirkoja (Soroja) Bandung menjadi jalan tol kota atau dalam kota. Usulan itu sudah disampaikan ke Badan Penyelenggara Jalan Tol (BPJT), terkait dengan keamanan dan kenyamanan jalan tol sepanjang kurang lebih 11 kilometer itu.

Sekda Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa di Bandung mengatakan, usulan yang sudah disampaikan ke Badan Penyelenggara Jalan Tol (BPJT) tersebut terkait dengan keamanan dan kenyamanan jalan tol sepanjang kurang lebih 11 kilometer tersebut.

"Tol Soroja sudah diusulkan menjadi tol kota agar terang - benderang jika malam," kata Sekda Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa di Bandung, Senin (23/10/2017).

Menurut Iwa, dengan status tersebut maka penerangan jalan di sepanjang tol akan lebih benderang dibandingkan dengan berstatus tol biasa. Status itu dianggap layak menjadi tol kota, mengingat Kabupaten Bandung dan Kota Bandung sudah tersambung Tol Soroja. 

"Penerangan lampu akan lebih banyak, sehingga masyarakat lebih nyaman dan tenang," katanya, seperti dilansir Antara. Keuntungan status tol kota yakni angka tindak kriminal di jalan tol dan angka kecelakaan bisa ditekan atau dihindari. 

Apabila hanya tol biasa maka penerangan tidak akan maksimal. "Lalu frekuensi kendaraan pun akan jauh lebih banyak terlebih pada malam hari," katanya. Ksulan kepada badan usaha itu dinilainya sudah tepat dan perlu didukung, karena memiliki banyak keuntungan dan nilai positif.

"Saya kira nanti ada tambahan biaya untuk penerangan, tapi kita berikan dukungan karena status ini kelihatannya positif," tegas Iwa. Jalan Tol Soroja sendiri saat ini tengah dalam proses uji coba sebelum nanti targetnya bakal dibuka untuk umum pada November 2017.

Sementara itu, mengenai urusan tarif, Iwa mengaku persoalan tersebut menjadi kewenangan BPJT, dan badan usaha Jalan Tol Soroja PT Citra Marga Lintas Jabar. (Jr.)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,