KPK Geledah Kantor Direktorat Jenderal Kependudukan

KPK Geledah Kantor Direktorat Jenderal Kependudukan

KPK Geledah Kantor Direktorat Jenderal Kependudukan

Jakarta  - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini (Rabu, 19/11) menggeledah kantor Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri dalam penyidikan kasus korupsi pengadaan paket penerapan Kartu Tanda Penduduk berbasis nomor induk kependudukan secara elektronik (e-KTP) tahun anggaran 2011-2012.

Menurut Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha penggeledahan dilakukan di kantor Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Jalan TMP Kalibata No.17, Jakarta Selatan.

Penggeledahan antara lain dilakukan di mobil Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Irman. 

Penggeledahan serupa sudah pernah dilakukan pada 22 April 2014 lalu.

Irman juga pernah diperiksa dalam kasus ini pada 14 Juli 2014. Ketika itu Irman membantah menjadi Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dalam proyek itu.

"Saya bukan KPA, ini perlu saya jelaskan. Di Kemendagri dan beberapa kementerian lain, KPA-nya bukan dirjen. Ini bukan hanya di tempat saya tapi di lingkungan Kemendagri, KPA-nya juga bukan Dirjen," ungkap Irman seusai pemeriksaan 14 Juli 2014.

Wakil Ketua KPK Zulkarnain saat dihubungi lewat telepon mengatakan bahwa KPK masih fokus memeriksa tersangka dalam kasus tersebut yaitu Sugiharto, Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang merupakan Pejabat Pembuat Komitmen proyek tersebut. 

"Sementara kita fokus pada perkara yang sudah ada, kepada tersangka yang sudah kita tetapkan dulu, itu kan kebutuhan masyarakat, ini jadi perhatian kita," kata Zulkarnain.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebelumnya menyatakan penerbitan e-KTP akan dihentikan sementara untuk dua bulan demi evaluasi tentang keamanan data.(Ode)**

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,