Polisi Identifikasi 23 Korban Tewas Ledakan Pabrik Petasan

Polisi Identifikasi 23 Korban Tewas Ledakan Pabrik Petasan

Puluhan korban luka akibat kebakaran pabrik petasan di Kabupaten Tangerang dirawat di RS Bun Teluk Naga dan RS Mitra Husada. (foto - ist)

Jakarta - Korban tewas akibat ledakan pabrik petasan di Kosambi Kota Tangerang mencapai 23 orang.  "Namun untuk data siapa saja korban tewas akan diidentifikasi oleh tim DVI (Disaster Victim Identification) Polri," sebut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, Kamis (26/10/2017).

Menurut Argo, identifikasi korban kemungkinan besar dilakukan oleh tim DVI di Rumah Sakit Polri Kramat Jati. Sementara jenazah 23 korban itu sendiri masih ada di lokasi kejadian. "Dalam proses identifikasi itu, pihak rumah sakit akan mengumpulkan data antemortem dari keluarga korban," katanya.

Pihak kepolisian sendiri telah mengimbau ke para keluarga korban untuk datang ke RS Polri guna memberikan data antemortem. Antemortem adalah data diri korban sebelum meninggal dunia.

Data itu bisa didapatkan dari keluarga korban atau orang terdekat korban dengan mengenali ciri-ciri fisik korban sebelum meninggal. Misalnya, apakah korban mengenakan perhiasan atau pakaian yang masih melekat pada korban yang masih bisa dikenali.

Pengumpulan data antemortem tersebut sangat diperlukan untuk mengidentifikasi jenazah yang sulit diidentifikasi. Jika keluarga tidak mengenali ciri-ciri fisik, upaya lainnya bisa dilakukan dengan melalukan tes DNA, di mana DNA korban dengan keluarga akan dicocokkan.

Sementara itu, puluhan korban luka akibat terbakarnya pabrik pembuatan petasan di Kabupaten Tangerang dirawat di dua rumah sakit. "34 Orang dievakuasi ke RS Bun Teluk Naga, 5 orang di RS Mitra Husada. Mereka yang terluka," kata Kasat Reskrim Polres Metro Tangerang AKBP Deddy Supriadi.

Sebagian data korban yang dirawat di RS Bun Teluk Naga:

1. Ajis; 2. Abdul Hidayat; 3. Elik Cahyadi; 4. Asep Mulyana; 5. Ismail; 6. Angga; 7. Wawan; 8. Ade Suryadi; 9. Jafar; 10. Jumi Haryanto; 11. Said; 12. Aji; 13. Khusnul; 14. Akib; 15. Ilham; 16. M Kardiman; 17. Fatimah; 18. Lilis; 19. Atin Puspita; 20. Anggy; 21. Umam; 22. Sami; 23. Nurhayati; 24. Wiwi; 25. Deni; 26. Fitri; 27. Leha; 28. Fitria Dian; 29. Linah; 30. Uang; 31. Ahmad Syafei. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,