Pemprov Jabar Harus Antisipasi Dampak BBM Naik

Pemprov Jabar Harus Antisipasi Dampak BBM Naik

Pemprov Jabar Harus Antisipasi Dampak BBM Naik

Bandung - Ketua Komisi III DPRD Jabar Didin Supriadin menyatakan Pemerintah Provinsi Jabar harus mengantisipasi dampak kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM di berbagai sektor.

"Pemerintah Provinsi Jabar harus bisa mengantisipasi terhadap naiknya BBM ini, walaupun ini urusan pusat," kata Didin kepada wartawan di Bandung, Rabu (19/11/2014).

Ia menuturkan, terkait kebijakan pemerintah pusat tersebut, tentu banyak kalangan masyarakat yang keberatan termasuk beberapa fraksi di DPRD Jabar.

Alasannya, lanjut dia, kenaikan harga BBM memberikan dampak langsung terhadap masyarakat seperti naiknya harga berbagai kebutuhan pokok.

"Bentuk penolakan kenaikan BBM karena ada dampaknya, dan itu harus direspons oleh pemerintah," kata politisi Partai Demokrat itu.

Ia menyarankan, langkah antisipasi yang perlu dilakukan pemerintah daerah di antaranya seperti menekan harga kebutuhan pokok dengan menggelar operasi pasar murah.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah harus memperhatikan sektor lainnya seperti masalah transportasi.

"Langkah antisipasi, misalnya, dengan menggelar operasi pasar, karena harga pokok pasti naik, transportasi juga harus diperhatikan, pemerintah harus menyiapkan regulasinya," kata Didin.

Menurut dia, langkah antisipasi kenaikan BBM tersebut sebenarnya hanya mengoordinasikan pemerintah daerah dengan pusat.

"Memang seharusnya pemerintah pusat menyiapkan berbagai upaya mengantisipasi dampak dari semua itu," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:jabar,