Ratusan Kios & Toko Pasar Atas Bukittinggi Ludes Terbakar

Ratusan Kios & Toko Pasar Atas Bukittinggi Ludes Terbakar

Kebakaran di Kompleks Pertokoan Pasar Atas Kota Bukittinggi Sumatera Barat. (foto - @Haluan_)

Bukittinggi - Ratusan kios/los dan toko di Kompleks Pertokoan Pasar Atas Kota Bukittinggi Sumatera Barat hangus terbakar, Senin (30/10/2017) pagi. Sejauh ini, belum diketahui sumber api berasal, namun api pertama kali terlihat di lantai dua Blok C yang cepat merembet hingga menghanguskan sekitar 700 kios.

Berdasarkan keterangan petugas Sekuriti Pasar Atas Dedi Barat, kebakaran pertamakali diketahui sekitar pukul 05.45 WIB. Hingga pukul 08.00 WIB api masih menyala dan masih diupayakan pemadaman. Api yang membakar pertokoan depan Jam Gadang itu, dalam waktu singkat menyebar ke Blok C. Kobaran api membakar petak toko di Blok A, B dan E.

"Kios yang terbakar semuanya berada di Blok A, B, C, D sampai Blok E. Semua ada sekitar 800-an kios. Saya tahu pertamakali ada kebakaran dari teman yang menelepon, katanya api terlihat sudah besar di depan di lantai dua,” kata Dedi.

Sejumlah pedagang yang mengetahui kebakaran langsung mencoba membuka paksa tokonya, untuk menyelamatkan barang-barang dagangannya. "Sudah terbakar semua, api sudah sampai ke belakang kedai kita yang di tengah. Kedai ada tiga, yang 2 belum terbakar tapi yang satu di Blok C sudah habis,” kata pedagang baju Pasar Atas.

Sementara petugas Pemadaman Kebakaran Kota Bukittinggi dibantu puluhan pemadam kebakaran dari daerah lain diturunkan ke lokasi untuk memadamkan si jago merah. Luas lokasi yang terbakar menyulitkan upaya pemadaman, yang hingga pukul 09.00 WIB api masih berkobar.

Menurut perkiraan sementara, api diduga berasal dari hubungan pendek arus listrik. Sebab, kobaran api pertama terlihat menyebar di bagian atap lantai dua toko. Namun, pihak kepolisian belum bisa memastikan sumber api, karena belum bisa melakukan olah tempat kejadian. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,