Besok Gedung Sate Akan Dikepung Buruh

Besok Gedung Sate Akan Dikepung Buruh

Buruh KASBI saat melakukan aksi demo di Gedung Sate, Kota Bandung beberapa waktu lalu. (Foto : Cikalnews/Ade)

Bandung – Berbagai massa dari beberapa organisasi buruh di Jawa Barat besok akan melakukan aksi unjuk rasa besar di Gedung Sate, Jl. Diponegoro, Kota Bandung menuntut kenaikan UMK 2015 sebesar 30 persen.

 

Menurut informasi Ketua SPN (Serikat Pekerja Nasional) Kabupaten Bandung, Ade Supriatna, besok akan ada 10.000 an lebih buruh datang ke Gedung Sate untuk melakukan aksi unjuk rasa menuntuk kenaikan UMK 2015.

 

“SPN dari Bandung Raya seperti ; Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat akan bergabung dengan organisasi buruh lain untuk menuntuk kenaikan UMK 2015. Setiap Kota/Kabupaten diprediksi akan mengirim 4.000 an buruh untuk aksi di Gedung Sate, jika semua datang pasti akan lebih dari 10.000 buruh yang ikut demo,” info Ade Supriatna di Sekretariat SPN, Rabu (19/11/2014).

 

SPN menuntut UMK 2015 bisa naik sebesar 30 persen karena kenaikan BBM telah menjekik kehidupan buruh.

 

“Upah buruh itu bagian kecil dari pengeluaran perusahaan, jadi perusahaan tidak bisa sewenang-wenang berdalih kenaikan gaji buruh bikin perusahaan bangkrut,” cetus Ade Supriatna.

 

Kenaikan harga BBM kemarin telah mempengaruhi hasil survei KHL (Kebutuhan Hidup Layak) karena survei dilakukan sebelum ada kenaikan harga BBM. Hasil survei KHL yang nantinya akan menentukan penetapan UMK di setiap Kota/Kabupaten di Jawa Barat, jika ternyata survei KHL tidak cocok, maka penetapan UMK akan mendapat penolakan dari buruh karena besaran UMK tidak sesuai dan terlalu kecil di tahun 2015. (Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,