Gempa 5,0 SR Mengguncang Garut hingga Pangandaran

Gempa 5,0 SR Mengguncang Garut hingga Pangandaran

Gempa 5,0 SR mengguncang wilayah Garut hingga Pangandaran. (ilustrasi)

Garut - Wilayah Kabupaten Garut dan Kabupaten Pangandaran Jawa Barat diguncang gempa tektonik berkekuatan 5,0 pada skala Richter (SR), Rabu (1/11/2017) sekitar pukul 12.39 WIB.  Gempa tersebut tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Mochammad Riyadi, wilayah Garut Selatan dan Pangandaran diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan, Episenter gempa berada di laut pada jarak 81 km arah barat daya Kota Pamajalan Kabupaten Garut Selatan dengan kedalaman 48 km.

"Dampak gempa berupa guncangan dilaporkan dirasakan di Garut selatan, dalam skala intensitas II MMI dan di Pangandaran III MMI. Di Pangandaran warga sempat panik akibat guncangan yang terjadi secara tiba-tiba," katanya.

Ia menjelaskan, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal ditinjau dari kedalaman hiposenternya. Penyebabnya karena aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup di bawah Lempeng Eurasia di Samudera Hindia di selatan. Dari analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa dipicu oleh penyesaran dengan arah pergerakan mendatar dan turun.

"Sejauh ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat di sekitar wilayah Garut Selatan dan Pangandaran diimbau agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tambahnya. (Jr.)** 

.

Categories:Daerah,
Tags:,