SDN di Sukabumi Ambruk Memang Sudah Tak Layak

SDN di Sukabumi Ambruk Memang Sudah Tak Layak

SD Nenegeri Cibeureum di Desa Buni Asih Kecamatan Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. (foto - ist)

Sukabumi - Bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cibeureum yang berada di Desa Buni Asih Kecamatan Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi Jawa Barat ambruk. Dua ruang kelas rusak berat hingga tidak bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Bangunan yang ambruk terdiri atas dua ruang kelas, yang terjadi setelah diguyur hujan dengan intensitas ringan, Selasa 31 Oktober 2017 sekitar pukul 02.30 WIB. "Bangunan ambruk bukan karena hujan, tapi memang bangunannya sudah tidak layak," sebut sejumlah warga.

Kondisi bangunan sebelum ambruk memang sudah tidak layak pakai. Bangunan sekolah itu belum pernah diperbaiki sekitar delapan tahun atau sejak 2009. "Untung kejadiannya dinihari. Kami enggak tahu jadinya seperti apa kalau ambruk ketika kegiatan belajar-mengajar berlangsung," kata warga.

Saat kejadian, masyarakat di sekitar sekolah dibuat kaget karena ambruknya bangunan disertai suara gemuruh yang cukup kencang. Kondisi bangunan yang tersisa juga tidak laik pakai. Bagian atap beberapa kelas bocor dan tidak bisa digunakan jika hujan.

Kepala Sekolah SDN Cibeureum, Robbayani menjelaskan saat ini ada enam ruang kelas yang difungsikan meski kondisinya rusak. Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi sulit memberikan bantuan karena sekolah ambruk itu berdekatan dengan tambang pasir besi yang rencananya akan dipindahkan. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,