Berencana Sandera Penumpang Pilot di Bangladesh Ditangkap

Berencana Sandera Penumpang Pilot di Bangladesh Ditangkap

Maskapai penerbangan Bangladesh Biman. (foto - Mirajnews)

Dhaka - Pilot dari maskapai penerbangan Bangladesh Biman ditangkap polisi, setelah kedapatan merecanakan sebuah aksi teror. Pilot bernama Sabir Enam itu ditangkap pihak berwenang pada Rabu 1 November.

Dilansir Reuters, Kamis (2/11/2017) pria berusia 31 tahun itu diamankan oleh pasukan khusus keamanan Bangladesh, batalyon aksi cepat atau yang dikenal dengan Rapid Action Battalion (RAB). Sabir Enam diketahui berencana melakukan aksi teror dengan menyandera para penumpang.

Keterangan Direktur RAB, Mufti Mahmud Khan menyebutkan, Enam diduga kuat memiliki hubungan dekat dengan kelompok militan Jamaat-ul-Mujahidin Bangladesh (JMB).

"Ia berencana membajak penerbangan dan menjadikan para penumpang yang dalam perjalanan menuju ke beberapa negara Timur Tengah itu sebagai sandera," kata Khan.

Enam juga berencana akan menerbangkan pesawatnya ke rumah milik para pejabat tinggi di Bangladesh. Ia tak ditangkap sendirian tetapi bersama dengan 3 orang lainnya. Dari 3 orang itu, salah satunya dilaporkan merupakan ibu Enam.

JMB sendiri diketahui merupakan organisasi militan Islam yang pada 2005 melakukan aksi teror, dengan meledakan 500 bom di 300 lokasi di setiap penjuru negeri Bangladesh. Kelompok ekstremis itu melakukan aksi dengan tujuan untuk mendirikan negara Islam. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,