Gempa 6,9 SR Mengguncang Pulau Samoa Pasifik Selatan

Gempa 6,9 SR Mengguncang Pulau Samoa Pasifik Selatan

Gempa 6,9 SR Mengguncang Kepulauan Samoa Pasifik Selatan. (foto - Gempa-Report)

Apia - Wilayah barat daya Apia Kepulauan Samoa Pasifik Selatan diguncang gempa berkekuatan 6,9 pada skala Richter (SR). Badan Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan, pusat gempa berada pada kedalaman 32 (kilometer) km.

Dilansir The Telegraph, Sabtu (4/11/2017) pusat peringatan tsunami telah mengonfirmasi tidak ada ancaman tsunami yang mengikuti gempa. Namun, gempa yang terjadi pada pukul 23.00 waktu setempat itu, telah memicu kepanikan masyarakat setempat.

Warga di Apia berhamburan keluar rumah saat gempa. Mereka pergi ke ruang terbuka khawatir getaran akan semakin kuat. Berdasarkan laporan media lokal, guncangan gempa terasa sekitar satu menit. Ini merupakan salah satu guncangan yang paling lama yang pernah dirasakan di Samoa.

Laporan awal menunjukkan, gempa itu juga dirasakan di Tonga. Wilayah itu berada 138 km di sebelah utara pulau itu. Kawasan itu merupakan bagian dari Cincin Api Pasifik. Lempeng tektonik di litosfer Bumi bertemu, sehingga gempa bumi dan aktivitas gunung berapi biasa terjadi.

Usai gempa terjadi, banyak warga Samoa pun menceritakan peristiwa itu di media sosialnya. "Gempa berkekuatan 6,9 SR melanda Samoa Amerika sekitar 10 menit yang lalu. Doa untuk kita penduduk setempat, kerusakan parah bisa terjadi di pulau kita," tweet salah seorang warga Samoa. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,